Dark/Light Mode

Refleksi Jelang HUT RI ke-78

Ganjar Ajak Kades Jaga Persatuan Lewat Pelayanan Merata Dan Tidak Membedakan

Rabu, 16 Agustus 2023 10:54 WIB
Gubernur Jawa Tengah Jateng Ganjar Pranowo menghadiri sarasehan kebangsaan menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Jateng, Selasa (15/8). (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Jateng Ganjar Pranowo menghadiri sarasehan kebangsaan menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Jateng, Selasa (15/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menghadiri sarasehan kebangsaan menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Jateng, Selasa (15/8).

Dalam acara yang diikuti seluruh kepala desa (kades) di Kabupaten Magelang itu, Ganjar mengingatkan untuk selalu menjaga persatuan di masyarakat. 

Ganjar menekankan bahwa kalimat ‘persatuan’ harus diwujudkan dalam aksi nyata. Yakni dengan tidak membeda-bedakan ras, golongan, agama, hingga status sosial. 

“Saya hanya mengingatkan saja bahwa pendiri bangsa semua bersatu ingin membangun negara bangsa ini bersama-sama. Kan ada Bhinneka Tunggal Ika, jadi memang berbeda tapi bersatu,” kata Ganjar.

Baca juga : Relawan Sedulur Saklawase Pererat Dukungan Lewat Senam Bersama Ibu-ibu

Adapun perwujudan itu dijelaskan Ganjar adalah tentang bagaimana pelayanan masyarakat diberikan secara merata oleh para kades. Hal tersebut merupakan penerapan ‘Pancasila In Action’.

Selain itu, penerapan Pancasila In Action juga berarti para kades mesti bekerja ekstra mempersembahkan inovasi kepada masyarakat. Sehingga berbagai tantangan bisa dihadapi mereka.

“Tadi saya ingatkan globalnya berubah terjadi distrupsi, ekonominya berkembang termak digitalnya, SDM-nya mesti siap, tapi integritas dan antikorupsi mesti berjalan,” kata Ganjar.

Ganjar pun meminta para kades untuk merenungi hal ini dan melakukan evaluasi apabila ada pekerjaan yang belum sesuai sebagaimana ‘Pancasila In Action’ tadi.

Baca juga : Ide Peluang Usaha, Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Membuat Martabak

“Mari kita renungkan, hari ini kita sudah sampai di situ belum. Kalau hari ini jawabannya sudah, kita sudah sukses. Tapi kalau jawabannya belum, maka kitalah semua yang harus membereskan itu,” katanya.

Sementara Kades Seloboro Kabupaten Magelang, Sulistianto mengatakan, Ganjar selalu menekankan pelayanan yang merata dan tidak membeda-bedakan. Hal tersebut membuat banyak program Ganjar berjalan lancar di desa-desa.

“Sebagai contoh ada dari warga masyarakat mengeluh kaitannya dengan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Begitu dilaporkan ke Pak Ganjar, selalu segera ditanggapi. Itu contoh yang RTLH,” katanya.

Tak hanya RTLH, Sulis menyebut pembangunan infrastruktur juga selalu dikebut Ganjar di desa-desa agar seluruh golongan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Baca juga : Pandawa Ganjar Ajak Pemuda Hindari Kenakalan Lewat Turnamen Futsal Di Bekasi

“Untuk yang lainnya kaitannya dengan jalan kabupaten dan provinsi yang rusak-rusak juga cepat ditanggapi oleh beliau bapak Ganjar,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.