Dark/Light Mode

Kelucuan di Istana

Hidup Lagi Capek-capeknya, Erick Thohir Dijahilin Pak Bas

Jumat, 18 Agustus 2023 08:31 WIB
Aksi jahil Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek jas Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Tangkapan layar)
Aksi jahil Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek jas Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah khidmatnya Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, di Istana Merdeka, kemarin, terselip aksi lucu yang dilakukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pria yang akrab disapa Pak Bas ini, sempat-sempatnya ngecek baju Menteri BUMN Erick Thohir. Erick pun berseloroh, hidup lagi capek-capeknya, eh upacara sebelahan sama Pak Bas.

Dalam upacara ini, Erick dan Basuki mendapat tempat duduk bersebelahan. Keduanya ditemani istri masing-masing. Erick bersama Elizabeth Tjandra, sementara Basuki dengan Kartika Nurani.

Basuki mengenakan pakaian adat bernuansa abu-abu dengan penutup kepala senada yang bermotif batik. Sementara, Erick memilih pakaian dengan gaya lebih klasik, yaitu jas bernuansa broken white dengan bawahan sarung batik. Tak lupa pula udeng berwarna coklat di bagian atas.

Mereka secara khidmat mengikuti prosesi pengibaran Bendera Merah Putih. Tak lama berselang, lagu Andika Bhayangkari dikumandangkan. Para peserta upacara pun berdiri, sesuai instruksi pembawa acara.

Baca juga : Soal Capres-Cawapres, Erick Menolak Kawin Paksa

Di sinilah aksi kejahilan Pak Bas muncul. Awalnya, ia melihat baju yang dikenakan sendiri. Meraba dan memeriksa kedua kantong bajunya. Kemudian Pak Bas melihat ke Erick yang berada di sebelah kanannya. Seperti yang dilakukan dengan baju yang dikenakannya, Pak Bas juga mengecek baju yang dikenakan Erick. Pak Bas sampai menyingkap sisi kiri bawah jas Erick.

Mendapati aksi jahil Pak Bas, Erick hanya tersenyum. Begitu juga dengan Elizabeth, tak bisa menahan senyumnya.

Aksi jahil Pak Bas ini diperhatikan Kartika. Dengan cepat, ibu tiga anak ini langsung menepuk paha suaminya, sebagai teguran untuk kembali ke posisi tegap.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang berada di samping Erick, juga tak kuat menahan tawa. Sri Mulyani berusaha menahan tawa, tapi giginya tetap terlihat, dan pundaknya bergerak naik-turun.

Baca juga : Telesurvei Ipsos: Raih 25,74 Persen, Erick Thohir Urutan Pertama Bakal Cawapres

Momen ini kemudian dibagikan Erick di akun Instagramnya, @erickthohir. Ia mengunggah sebuah video yang telah diedit dengan menyematkan narasi: Hidup lagi capek-capeknya, eh upacara sebelahan sama Pak Bas. "Kalau Pak Bas diem, anteng, berarti ada yang salah," guyon Erick, dalam keterangan dalam video tersebut.

Usai upacara, Pak Bas mengaku kepo, baju daerah mana yang dikenakan Erick. "Saya bilang ini baju apa? Boedi Oetomo, katanya," tuturnya, meniru jawaban Erick, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, kemarin.

Meski sudah mengetahui baju yang dikenakan Erick, lulusan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengaku ingin mengecek berapa jumlah peniti yang digunakan Ketua Umum PSSI itu. Makanya dia menyingkap bagian kiri bawah jas Erick.

"Kan pakai jas, tapi saya mau lihat penitinya. Ternyata cuma satu. Jadi itu model Boedi Oetomo. Jadi bukan Jawa, tapi Boedi Oetomo 1908. Saya cuma mau ngecek aja," aku Basuki, polos.

Baca juga : Kembali Unggul Di Survei Cawapres, Erick Makin Leading

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Jumat (18/8) dengan judul “Kelucuan di Istana, Hidup Lagi Capek-capeknya, Erick Thohir Dijahilin Pak Bas”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.