Dark/Light Mode

Kiai Muda Ganjar Ajarkan Warga Membuat Alat Dapur Dan Kebersihan Dari Bambu

Sabtu, 19 Agustus 2023 15:27 WIB
sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur dukung Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan pemanfaatan bambu untuk berbagai produk yang berdaya guna untuk masyarakat. Pelatihan ini bekerjasama dengan Majelis Taklim Ar Rahmad Kab. Magetan. (Foto: Ist)
sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur dukung Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan pemanfaatan bambu untuk berbagai produk yang berdaya guna untuk masyarakat. Pelatihan ini bekerjasama dengan Majelis Taklim Ar Rahmad Kab. Magetan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya menggali potensi bambu sebagai sumber daya lokal yang melimpah, sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur dukung Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan pemanfaatan bambu untuk berbagai produk yang berdaya guna untuk masyarakat. Pelatihan ini bekerjasama dengan Majelis Taklim Ar Rahmad Kab. Magetan. 

Wakil Ketua Kiai Muda Jawa Timur, Wajihuddin, menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam mengolah bambu menjadi berbagai produk, termasuk tempat sampah, rak sepatu, alat ikan, dan peralatan dapur.

"Pelatihan pemanfaatan bambu sebagai alat kebersihan, seperti sapu, tong sampah," ucap Wajihuddin di lokasi kegiatan, Desa Tegalarum, Kec. Bendo, Kab. Magetan, Jawa Timur, Sabtu (19/8).

Menurut dia, salah satu aspek yang dijelaskan dalam pelatihan ini adalah cara membuat tempat sampah. Selain itu, bambu juga memiliki potensi yang melimpah untuk berbagai produk lainnya. 

Baca juga : Tingkatkan Kemampuan Ibu-Ibu, Mak Ganjar Adakan Pelatihan Menjahit Di Surabaya

Produk-produk seperti rak sepatu, alat ikan, dan peralatan dapur dapat dihasilkan dari bambu dengan kreativitas dan keterampilan yang tepat.

"Daerah Magetan sini bambu sangat melimpah. Dari bambu banyak sekali manfaat selain dari dibuat alat penunjang kebersihan, seperti alat-alat dapur, wadah-wadah, rak piring. Sifat bambu yang fleksibel jadi bisa dibentuk sedemikian rupa," jelas Wajihuddin. 

Menurut Wajihuddin, keberlimpahan potensi bambu di daerah ini menjadi nilai tambah yang signifikan dalam pelatihan ini. Dengan pengetahuan yang didapatkan dari pelatihan, masyarakat diharapkan dapat lebih memanfaatkan bambu sebagai sumber daya lokal yang bernilai ekonomi tinggi. 

"Selain digunakan untuk kebutuhan pribadi, produk dari bambu juga memiliki nilai ekonomis tinggi. Sebab, Harga bahan baku yang murah sehingga produk-produknya juga bisa dijual dengan harga terjangkau, sehingga membantu masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah," tegasnya. 

Baca juga : Kontribusi Pangdam V Brawijaya Bina Menwa Diapresiasi

Dukungan dari Kiai Muda Jawa Timur diyakini akan membawa menuju kesuksesan dalam mengembangkan keterampilan masyarakat dan mendukung ekonomi lokal.

Wajihuddin berharap bahwa pelatihan ini akan memberikan dampak positif yang lebih luas, memperluas wawasan masyarakat tentang potensi sumber daya lokal dan memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan menjadi peluang usaha yang berkelanjutan. 

"Kami juga akan melaksanakan kegiatan serupa di tempat lain secara berkala, agar memberi aspek manfaat yang lebih luas lagi," tuturnya. 

Antusiasme peserta pelatihan terlihat dari partisipasi aktif dalam sesi-sesi pelatihan, di mana mereka belajar membuat berbagai produk yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Di Kota Mataram

Termasuk Adi, menyambut baik inisiatif ini dan menganggapnya sebagai peluang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengolah bambu.

"Tadi membuat cikrak, tempat sampah, buat wadah ikan, dan lain-lain. Pelatihan ini sangat bermanfaat dan dapat dikembangkan untuk skala usaha," ujar Adi. 

Dalam kesempatan yang berharga ini, para peserta juga berdoa agar dedikasi Ganjar Pranowo dalam mendukung kegiatan-kegiatan produktif akan mengantarnya menuju pencapaian yang lebih tinggi, termasuk posisi Presiden Indonesia pada tahun 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.