Dark/Light Mode

Pengamat: Ganjar-Yenny Wahid, Perpaduan Mesin PDIP Dan NU-Gusdurian Di Pemilu 2024

Rabu, 16 Agustus 2023 14:59 WIB
Kedatangan Capres 2024 Ganjar Pranowo (kiri) ke kediamaman Ibu Shinta Nuriyah dan Yenny Wahid, di Ciganjur Jakarta Selatan, Minggu (13/8) malam. (Foto: IG Ganjar Pranowo)
Kedatangan Capres 2024 Ganjar Pranowo (kiri) ke kediamaman Ibu Shinta Nuriyah dan Yenny Wahid, di Ciganjur Jakarta Selatan, Minggu (13/8) malam. (Foto: IG Ganjar Pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin, menilai sosok Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid memiliki modal yang cukup kuat untuk menjadi bakal Calon Wakil Presiden (bakal Cawapres) pada Pilpres 2024.

Pertama menurut Ujang, Yenny Wahid disebut memiliki suara yang kuat di akar rumput terutama dari kalangan nahdlatul ulama (NU) dan Gusdurian

Baca juga : Mirip Jokowi Di 2014, Pengamat Yakin Ganjar Berpeluang Menangkan Pilpres 2024

"Kekuatan Yenny Wahid itu punya basis massa di gras root. Baik itu kalangan NU, maupun pengikut dan simpatisan pemikiran Gus Dur. Saat ini Mbak Yenny Wahid dan ibundanya, Ibu Sinta yang dianggap sebagai representasi hal itu," ujar Ujang Komarudin, Rabu (16/8).

Pernyataan Ujang tersebut masih terkait pertemuan Gubernur Jawa Tengah yang juga bakal calon presiden Ganjar Pranowo dengan Yenny Wahid - Sinta Nuriyah di Jakarta beberapa hari yang lalu.

Baca juga : Ganjaran Buruh Perjuang Serap Masukan Dari Presiden KSBSI

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini menegaskan bahwa NU merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Yenny Wahid adalah tokoh yang sangat kuat sebagai representasi NU karena jelas garis keturunannya adalah pendiri NU kakek buyutnya Hasyim Asya'ari, kakeknya Wahid Hasyim sampai ayahnya Abdurahman Wahid atau Gus Dur kesemuanya orang NU struktural maupun kultural.

Baca juga : Kowarteg Ganjar Menggelar Pelatihan Membuat Kue Mata Roda Di JakselĀ 

"Warga Indonesia hampir 50 persen itu dekat dengan NU. Sehingga ini menjadi modal utama mbak Yenny dan bisa diperhitungkan dalam mendongkrak elektoral pasangannya, misalnya kalau berpasangan dengan Ganjar," ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga, Ujang bicara terkait koalisi besar Prabowo Subianto yang diusung 4 partai politik parlemen yakni Golkar, PKB, PAN, dan Gerindra.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.