Dark/Light Mode

Survei Indikator : Ganjar Rauk 40 Persen Pemilih PKB

Sabtu, 19 Agustus 2023 17:17 WIB
Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi hasil survei terbaru yang menunjukkan bahwa bacawapres Ganjar Pranowo mendapatkan suara lebih banyak dari Nahdlatul Ulama NU. (Foto: Ist)
Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi hasil survei terbaru yang menunjukkan bahwa bacawapres Ganjar Pranowo mendapatkan suara lebih banyak dari Nahdlatul Ulama NU. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru yang menunjukkan bahwa bacawapres Ganjar Pranowo mendapatkan suara lebih banyak dari Nahdlatul Ulama (NU).

Dukungan para nahdiyin itu lebih banyak kepada Ganjar dibandingkan dua nama lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Berdasar hasil survei, pemilih NU yang memilih Ganjar sebanyak 43,5 persen, memilih Prabowo 31,6 persen, dan memilih Anies hanya 20,0 persen.

Baca juga : Srikandi Ganjar Ajarkan Perempuan Milenial Cara Mengolah Sampah Organik

“Berdasarkan kedekatan dengan ormas Islam, yang merasa dekat dengan NU lebih banyak lari ke Mas Ganjar. Padahal Mas Ganjar sendiri dari PDIP. Sedangkan Pak Prabowo didukung dari segmen NU 31,6 persen, meskipun didukung oleh partai NU yaitu PKB,” tutur Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan hasil surveinya, Jumat (18/8).

Burhanuddin menyebut, hal ini terjadi lantaran Ganjar memiliki kedekatan dengan NU sekaligus istrinya yaitu Siti Atiqoh merupakan putri dari seorang kiai.

“Mungkin Mas Ganjar dari sisi kubu dianggap orang NU, apalagi istrinya anak kiai mungkin ya,” sambungnya.

Baca juga : Ganjar Kembali Teratas

Sementara, Hendro Prasetyo yang juga Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia menjelaskan bahwa sebanyak 40,3 persen warga PKB memilih Ganjar.

“Kita lihat tidak kalah menarik, di sini 40,3 persen warga PKB memilihnya Pak Ganjar. Padahal kita tahu PKB salah satu pengusung Pak Prabowo sejak awal, namun yang memilih baru 30,5 persen,” ujarnya.

Sebelumnya, baru-baru ini Ganjar telah bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Yenny Wahid selaku politikus sekaligus aktivis NU.

Baca juga : Simulasi 3 Nama: Ganjar Rebound, Elektabilitas Tertinggi

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 15-21 Juli 2023 dengan populasi survei seluruh warga Indonesia yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah (kriteria pemilih). 

Kemudian total responden sebanyak 1.811 dengan metode multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan sekitar 2,35 atau 2,4 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.