Dark/Light Mode

Di Survei Terbaru Indikator Politik

Ganjar Kembali Teratas

Sabtu, 19 Agustus 2023 08:00 WIB
Survei terbaru Indikator Politik, Capres Ganjar Pranowo kanan kembali menempati posisi teratas. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)
Survei terbaru Indikator Politik, Capres Ganjar Pranowo kanan kembali menempati posisi teratas. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia kembali merilis hasil survei elektabilitas calon presiden. Dalam survei terbaru itu, elektabilitas Ganjar Pranowo berhasil rebound alias kembali naik. Dalam simulasi tiga nama, calon presiden dari PDIP itu, mampu mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Indikator menggelar survei pada 15 hingga 21 Juli 2023 dengan melakukan wawancara tatap muka kepada 1.811 responden. Popu­lasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sam­pling. Survei memiliki toleransi kesalahan plus minus 2,35 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Muslimah Ganjar Gelar Lomba Fashion Show Di Jakarta Timur

Survei diawali dengan pertanyaan spontan atau top of mind. Respon­den ditanya, jika pemilihan Presiden digelar sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden? Dalam daftar top of mind ini, Ganjar berada di urutan pertama dengan mendapat dukungan 22,8 persen. Di posisi kedua ada Prabowo dengan 22,2 persen, dan posisi ketiga ada Anies 15,4 persen. Menariknya, di posisi keempat ada nama Pre­siden Jokowi dengan dukungan 4,2 persen. Nama lain seperti Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Mahfud MD mendapat dukungan di bawah 1 persen.

Indikator pun mengerucutkan nama-nama capres ini menjadi tiga nama. Hasilnya, Ganjar masih berada di posisi pertama dengan elektabilitas 35,2 persen, diikuti Prabowo dengan elektabilitas 33,2 persen dan Anies 23,9 persen.

Baca juga : Simulasi 3 Nama: Ganjar Rebound, Elektabilitas Tertinggi

“Simulasi tiga nama ini lagi-lagi kita tanya, kebetulan di antara banyak na­ma hanya Ganjar, Anies, dan Prabowo yang dinamis dan potensial. Hasilnya, Ganjar 35,2 persen, Prabowo 33,2 persen, dan Anies 23,9 persen,” kata pendiri Indikator, Burhanuddin Muhtadi, saat menyampaikan hasil surveinya, kemarin.

Burhan menyebut elektabilitas ca­pres dari tahun ke tahun sangat dina­mis. Namun, secara umum kenaikan elektabilitas Ganjar rata-rata lebih tinggi dibanding capres lainnya.

Baca juga : Sahabat Ganjar Menyayangkan Kegiatan Politik Dilakukan Di Museum Proklamasi

“Prabowo sempat unggul di sepan­jang 2021-2022, lalu disalip Ganjar pa­da April 2022. Kemudian, pada 2023 Prabowo sempat menyalip Ganjar dan sekarang lagi-lagi disalip (Ganjar di atas),” ujarnya.

"Tetapi, rata-rata tiap tahun Ganjar konsisten meningkat,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.