Dark/Light Mode

Bentuk Komitmen-Support Kearifan Lokal

Pena Mas Ganjar Resmikan Gantangan Pertapa Di Tegal

Senin, 21 Agustus 2023 09:58 WIB
Untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, sukarelawan Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi Universitas Diponegoro UNDIP, Universitas Negeri Semarang UNNES dan Universitas Sebelas Maret UNS atau Pena Mas Bersama Ganjar, meresmikan gantangan untuk para pecinta burung. (Foto: Ist)
Untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, sukarelawan Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi Universitas Diponegoro UNDIP, Universitas Negeri Semarang UNNES dan Universitas Sebelas Maret UNS atau Pena Mas Bersama Ganjar, meresmikan gantangan untuk para pecinta burung. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, sukarelawan Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) atau Pena Mas Bersama Ganjar, meresmikan gantangan untuk para pecinta burung.

Gantangan merupakan tiang tempat sangkar burung untuk digantung, guna melatih burung dan melombakan kicau burung, serta merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat.

Reza Abdurrokhman selaku Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar mengatakan, gantangan didirikan dengan kolaborasi bersama komunitas Pecinta Perkutut Tarub Pangkah (Pertapa) di Desa Karangjati, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal.

"Hari ini kami hadir di Tegal untuk melaksanakan sebuah kegiatan bersama Komunitas Pecinta Perkutut Tarub Pangkah, dua kecamatan di Kabupaten Tegak yang luar biasa guyub, rukun, gayeng menghadirkan gantangan baru," ujar Reza di lokasi, Minggu (20/8).

Baca juga : Ganjar Creasi Gelar Talkshow Bagi Pemuda Di Ponorogo

Dia menambahkan, pendirian Gantangan Pertapa sengaja dilakukan di Tegal lantaran banyaknya komunitas pecinta burung di Kota Bahari itu.

Menurutnya, Gantangan Pertapa yang dibuat Pena Mas Ganjar dapat mewadahi sekaligus menyatukan seluruh komunitas pecinta burung yang ada di Tegal.

"Kami mendukung penuh, kami memberikan support secara maksimal kepada komunitas ini untuk lebih bersemangat dalam proses gantangan atau biasanya lomba burung perkutut," kata Reza.

Adapun tujuan Pena Mas Ganjar membuat gantangan selain sebagai bentuk mendukung kearifan lokal, juga untuk menunjukkan bahwa burung perkutut adalah burung yang masih dianggap oleh masyarakat Jawa sebagai burung kebudayaan.

Baca juga : Gulirkan Rp 3,3 Miliar, Ganjar Resmikan Pasar Bawang Sengon Di Brebes Pasca Revitalisasi

Hal itu pun masih dijaga oleh masyarakat Jawa, termasuk seluruh komunitas Pertapa dan pecinta perkutut lainnya yang ada di Tegal.

Oleh sebab itu, melalui Gantangan Pertapa, Pena Mas Ganjar turut serta menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo sebagai pemimpin yang mencintai kebudayaan Nusantara, khususnya kebudayaan Jawa.

"Perkutut itu burung kebudayaan sebenarnya di Jawa Tengah juga trennya cukup bagus dan Bapak Ganjar Pranowo beberapa kali hadir di kegiatan-kegiatan lomba burung," ucap Reza.

"Harapannya Komunitas Pertapa dan komunitas lain terus eksis dan bisa bersama-sama mendukung Bapak Haji Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia," lanjut Reza.

Baca juga : Cak Imin Ketemuan Sama Ganjar, Gerindra Nggak Merasa Insecure

Salah satu Ketua Pelaksana Pertapa bernama Gito, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada organ relawan pendukung Ganjar Pranowo itu.

Gito menyebutkan, kini warga dan komunitas pecinta burung dapat melatih dan melombakan burung kesayangan dengan kicauan indahnya itu di Gantangan Pertapa setelah didirikan dan diresmikan Pena Mas Ganjar.

"Kami dari ketua panitia mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya dari relawan Pena Mas Ganjar karena sudah menyumbang istilahnya sehingga Pertapa punya gantangan seperti ini. Kami sangat berterima kasih, luar biasa Pena Mas Ganjar," tutur Gito.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.