Dark/Light Mode

Wariskan Semangat Kebudayaan, Pena Mas Ganjar Gelar Pentas Seni Pelajar Di Pati

Senin, 14 Agustus 2023 11:40 WIB
Pena Mas Ganjar menggelar pentas seni pelajar yang digelar di Desa Sukopuluhan, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (13/8) malam. (Foto: Ist)
Pena Mas Ganjar menggelar pentas seni pelajar yang digelar di Desa Sukopuluhan, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (13/8) malam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di bawah cahaya rembulan yang memancarkan keindahan malam, suasana desa yang damai dan sejuk menyertai sebuah pentas seni pelajar yang digelar di Desa Sukopuluhan, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (13/8) malam.

Suara dan gerakan yang mengalir dari area pentas seni menjadi lentera yang mengarahkan pandangan, dan perasaan penonton dengan penuh semangat perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia.

Pagelaran seni yang memadukan semangat muda dengan warisan budaya ini diinisiasi oleh sukarelawan Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi dari Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Sebelas Maret (UNS) atau dikenal Pena Mas Ganjar

Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar, Reza Abdurrakhman menuturkan para pelajar menampilkan berbagai bentuk seni seperti teater, drama, puisi, tarian, pantun hingga pencak silat. Pentas itu mengalir sebagai aliran kreativitas, mengurai pesan-pesan yang lekat dengan kearifan lokal.

Baca juga : Terinspirasi Sosok Ganjar, GSI Gelar Street Fashion Show Di Jaksel

"Jadi, ada nilai-nilai kebudayaan yang kita angkat. Sesuai dengan semangatnya Pak Ganjar Pranowo, kebudayaan itu penting," kata Reza di lokasi. 

Kegiatan itu diikuti para pelajar tingkat SMA dan SMK di Pati, serta bekerjasama dengan sanggar budaya. 

Reza berharap melalui pentas seni ini semakin banyak pelajar yang terinspirasi untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia, serta mengaktualisasikan bakat seni mereka.

"Harapannya para pelajar bisa melestarikan budaya khususnya lokal," imbuhnya. 

Baca juga : Berdayakan Masyarakat Padang, Sahabat Ganjar Gelar Seminar Sejarah Rendang

Ketua Lesbumi Pucakwangi, Oim, mengungkapkan pentas seni pelajar yang dihelat Pena Mas Ganjar telah mengubah malam keheningan Desa Sukopuluhan menjadi panggung semarak. 

Dia menyatakan akan terus mendukung program-program berbasis kebudayaan yang digelorakan oleh Pena Mas Ganjar.

"Acara ini sangat bagus, apalagi menyasar pelajar. Kami mendukung dan mengajak pelajar-pelajar untuk mengikuti acara ini," ujarnya. 

Selain pentas seni, kegiatan ini juga menyertakan acara santunan bagi lansia dan dhuafa. Hal itu merupakan implementasi nilai-nilai kemanusiaan yang diajarkan Ganjar dalam prinspisnya 'Tuanku ya Rakyat'. 

Baca juga : Pena Mas Ganjar Gelar Pertandingan Bola Voli Antar Anak Muda Di Jateng

Acara pentas seni ini juga berhasil menciptakan suasana positif dan saling mendukung di antara pelajar dan masyarakat. Kolaborasi antara alumni perguruan tinggi dengan pelajar SMA dan SMK serta masyarakat ini membuktikan bahwa berbagai kalangan dapat bersatu untuk menciptakan pengalaman yang bermanfaat dan menginspirasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.