Dark/Light Mode

Gandeng Milenial, Srikandi Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Bikin Belacan Di Asahan

Kamis, 31 Agustus 2023 20:14 WIB
Sukarelawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan membuat belacan atau terasi bersama para perempuan milenial di Dusun V, Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. (Foto: Ist)
Sukarelawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan membuat belacan atau terasi bersama para perempuan milenial di Dusun V, Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan membuat belacan atau terasi bersama para perempuan milenial di Dusun V, Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Korwil Srikandi Ganjar Sumut Firda Annisa Sirait mengatakan dalam kegiatan yang digelar Kamis (31/8) itu diikuti puluhan perempuan milenial.

“Kami dari Srikandi Ganjar Sumut berkunjung ke Asahan dalam melaksanakan kegiatan Girls Class: Belajar Membuat Belacan,” ujar dia dalam siaran persnya, Kamis.

Firda menuturkan belacan atau terasi merupakan bumbu tradisional khas Indonesia yang sudah ada dari zaman kerajaan yang berkaitan dengan sejarah berdirinya Kota Cirebon.

Baca juga : Sandination Cetak Banyak Pengusaha Muda Baru Di Cirebon

“Terasi terbuat dari udang maupun ikan-ikan kecil. Terasi memiliki bau yang khas dan sudah terkenal se-Asia Tenggara,” kata dia.

Maka dari itu Srikandi Ganjar Sumut melakukan kegiatan pelatihan untuk menambah skill bagi para perempuan di Sei Apung.

“Ini juga mengingatkan mereka bahwa terasi bisa menjadi penggerak ekonomi bagi mereka yang ingin berwirausaha,” kata dia.

Apalagi, kata Annisa, Tanjung Balai merupakan daerah pesisir yang masyarakatnya merupakan nelayan.

Baca juga : Coreng Muka TNI, Heikal Safar: Oknum Paspampres Penculik Harus Ditindak Tegas!

Sehingga usaha belacan ini merupakan prospek yang sangat menguntungkan karena minim biaya transportasi dan bisa mendapatkan bahan baku dengan harga lebih murah.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini lebih banyak lagi perempuan milenial yang mau berwirausaha dan dapat memanfaatkan potensi dari daerahnya serta bisa mengembangkan daerah mereka menjadi lebih baik lagi,” ujar dia.

Annisa mengatakan pelatihan ini juga sejalan dengan program kerjanya Ganjar Pranowo yang selalu mendukung para UMKM.

“Pada kegiatan ini kami juga tak lupa memperkenalkan sosok Bapak Ganjar Pranowo sebagi calon presiden 2024, dan kami mengharapkan dukungan penuh dari mereka (milenial),” kata dia.

Baca juga : Lestarikan Budaya, Ganjartivity Melakukan Pagelaran Wayang Golek Di BandungĀ 

Salah satu peserta, Ramanda, mengaku senang bisa ikut pelatihan dari Srikandi Ganjar.

Dia pun mengaku senang dengan sosok Ganjar yang dikenal dekat denhan rakyat.

“Karena Indonesia khususnya perempuan milenial butuh sosok pemimpin seperti Pak Ganjar yang selalu mendukung para perempuan,” ujar dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.