Dark/Light Mode

Gardu Ganjar Beri Layanan Pengobatan Gratis Bagi Warga Pulau Tunda Di Serang

Sabtu, 2 September 2023 17:57 WIB
Sukarelawan Gerakan Rakyat Desa untuk Gardu Ganjar melakukan aksi nyata dengan peduli akan permasalahan kesehatan warga di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten. (Foto: Ist)
Sukarelawan Gerakan Rakyat Desa untuk Gardu Ganjar melakukan aksi nyata dengan peduli akan permasalahan kesehatan warga di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Gerakan Rakyat Desa untuk (Gardu) Ganjar melakukan aksi nyata dengan peduli akan  permasalahan kesehatan warga di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten.

Pendukung Ganjar Pranowo tersebut menggelar pengobatan gratis bagi ratusan warga di Pulau Tunda pada Sabtu (2/9). Menurut data yang diperoleh, banyak warga yang mengeluhkan sakit hipertensi, kolesterol, asam urat, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), diabetes, cepalgia, myalgia, dan gastritis.

Ketua Umum Gardu Ganjar Ahmad Wahyudin Nasyar mengatakan tak sedikit warga yang terkendala fasilitas kesehatan yang kurang memadai di wilayanya.

Menurut Wahyudin, mereka harus menyeberang laut untuk bisa ke rumah sakit di Kabupaten Serang dengan biaya yang tak murah.

"Alhamdulillah, kami menghadirkan empat dokter, yakni dokter umum, anak, kulit dan dokter kandungan yang memang ikut memeriksa kehamilan masyarakat di sini karena jangkauan mereka untuk ke rumah sakit sangat jauh," ucapnya.

Wahyudin mengatakan pihaknya yang membawa semangat dan spirit Ganjar Pranowo menghadirkan program kesehatan untuk warga Pulau Tunda yang selama ini menjadi kendala.

Baca juga : Penyandang Disabilitas Berharap Kesetaraan Di Jateng Diterapkan Nasional

"Di pulau ini, jangkauan mereka untuk berobat sangat jauh, harus memakan waktu luar biasa dan biayanya lumayan besar," tuturnya di sela-sela kegiatan.

Wahyudin menambahkan kondisi cuaca saat ini kurang baik. Banyak masyarakat di sini yang sakit pernapasan dan radang tenggorokan.

"Maka, kami harus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Salah satunya, memberikan layanan kesehatan pengobatan gratis," ucapnya.

Wahyudin mengatakan pihaknya juga memperkenalkan sosok bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Para warga turut mendoakan pria berambut putih ini menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dan menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.

"Harapannya, mereka akan lebih mengenal sosok Pak Ganjar sebagai bakal calon presiden 2024. Ketika saya melakukan audiensi dengan masyarakat, ternyata di sini sudah banyak yang mengenal beliau," ucapnya.

Gardu Ganjar terus melakukan program-program yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah mana pun, baik pesisir, perkotaan, maupun pedesaan. Hal tersebut dilakukan demi Indonesia tangguh dan rakyat sejahtera.

Baca juga : Relawan Ganjar Untuk Semua Kolaborasi Dengan GMTI Beri Layanan Kesehatan Gratis

"Semua akan kami sisir dan sambangi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat saat ini," ucapnya.

Sementara itu, Hudiro sebagai pasien pengobatan gratis menyambut baik program yang diadakan Gardu Ganjar tersebut. Pria yang berprofesi nelayan tersebut mengeluhkan batuk dan demam.

"Sangat berterima kasih, bersyukur kepada relawan Ganjar yang telah mengadakan pengobatan gratis ini. Saya berobat batuk. Kebanyakan di sini batuk , demam, dan pilek," ungkapnya.

Hudiro mengatakan warga di Pulau Tunda sangat membutuhkan fasilitas berupa ambulans desa untuk mengantarkan masyarakat yang menderita sakit keras ke rumah sakit.

"Banyak ya seperti ambulans desa untuk warga yang dadakan mau menyeberang ke darat untuk ke rumah sakit," ungkapnya.

Hudiro berharap loyalis Ganjar Pranowo ini terus membantu masyarakat Pulau Tunda untuk mempermudah mendapatkan akses kesehatan yang layak.

Baca juga : Jokowi Puji Ganjar Bangun SMKN Gratis, Fasilitas Bagus Jadi Contoh Provinsi Lain

"Mudah-mudahan selanjutnya relawan Gardu Ganjar bisa membantu masyarakat Pulau Tunda soal masalah kesehatan," ucapnya.

Dia juga berharap Ganjar Pranowo bisa memperhatikan kesejahteraan dan kesehatan warga Pulau Tunda jika nanti terpilih sebagai presiden Indonesia.

"Mudah-mudahan, Pak Ganjar terpilih menjadi presiden dan bisa membantu warga Pulau Tunda khususnya di bidang kesehatan," katanya.

Pasien pengobatan gratis lainnya bernama Ratna berharap di wilayahnya mantri dan bidan diperkuat. Selain itu, fasilitas kesehatan seperti alat dan obat-obatan tersedia agar para warga tak perlu menyeberang laut.

"Kendalanya, kalau tidak ada mantri dan bidan, (pasien) dibawa ke rumah sakit di Serang. Kami berharap ada bidan dan mantri untuk berobat," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.