Dark/Light Mode

Cegah Penyebaran DBD

Kowarteg Ganjar Gelar Edukasi Pembuatan Alat Fogging Di Kemanggisan Jakbar

Senin, 28 Agustus 2023 11:46 WIB
Kowarteg Indonesia menggelar edukasi pembuatan alat fogging demam berdarah dengue DBD bagi warga di Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Minggu 27/8. Dengan harapan masyarakat setempat bisa terhindar dari kasus DBD.
Kowarteg Indonesia menggelar edukasi pembuatan alat fogging demam berdarah dengue DBD bagi warga di Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Minggu 27/8. Dengan harapan masyarakat setempat bisa terhindar dari kasus DBD.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia terus membantu masyarakat melalui beragam kegiatan.

Untuk kali ini, Kowarteg Indonesia menggelar edukasi pembuatan alat fogging demam berdarah dengue (DBD) bagi warga di Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (27/8). Dengan harapan masyarakat setempat bisa terhindar dari kasus DBD.

Sekertaris Umum Kowarteg Indonesia, Lina Rofiana mengatakan pihaknya melakukan tiga langkah preventif bagi masyarakat Kelurahan Kemanggisan guna mencegah kasus DBD khususnya di Kelurahan Kemanggisan.

Pertama, kata Lina, melalui edukasi perakitan alat fogging sederhana, lalu penyerahan bantuan alat fogging, dan penyemprotan rumah warga serta selokan. 

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Workshop Pembuatan Roti Khas Pare Pare

“Tujuannya untuk mengajarkan masyarakat cara membuat alat fogging sederhana dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapat di masyarakat, dan mengajarkan masyarakat untuk melaksanakan fogging sederhana di masyarakat setempat,” kata Lina setelah kegiatan.

Pembuatan alat fogging terdiri dari barang-barang sederahana. Untuk bahan dasarnya terdiri dari tembaga ac, spray gun, pemantik api, gas, klem, selang air, kawat dan obat untuk fogging.

Menurut Lina, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif berupa pada pemutusan mata rantai jentik-jentik nyamuk aedes aegypti di lingkungan warga setempat.

“Untuk mencegah DBD pastinya, dan mereka bisa membuat alat fogging sendiri,” ungkap Lina.

Baca juga : NU Dan Konbes Akan Gelar Munas Bahas Masalah Bangsa

Ditambahkan Lina, masyarakat di Kelurahan Kemanggisan sangat antusias dan responsif terhadap kegiatan edukasi yang dibuat oleh Kowarteg Indonesia.

“Antusias dan sangat responsif, mereka sangat tergerak untuk membuat supaya bisa fogging sendiri di rumah,” tutur Lina.

Sementara itu, salah seorang warga setempat Eddy (65) menyambut baik kegiatan edukasi pembuatan alat fogging DBD yang dilakukan oleh para pendukung Ganjar Pranowo ini.

“Buat saya alangkah baik (kegiatan ini). Satu menghindari gejala penyakit,” ungkap Eddy.

Baca juga : Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Pembuatan Makanan Pais Patin DI Banjarmasin

Disela kegiatan, Kowarteg Indonesia turut menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai Presiden ke masyarakat setempat. Mereka pun mendoakan agar Gubernur Jawa Tengah dua periode ini bisa terpilih menjadi Presiden 2024.

“Kalo harapan saya buat Pak Ganjar semoga sukses, dan menjadi Presiden,” kata Eddy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.