Dark/Light Mode

Survei Terbaru IPSOS

Ganjar Rebound Dengan 40,12 Persen, Prabowo 37,21 Persen, Anies 22,67 Persen

Rabu, 6 September 2023 17:59 WIB
Bacapres Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Bacapres Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga riset internasional IPSOS Public Affairs merilis hasil survei atau jajak pendapat terbaru terkait elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) 2024. Dalam survei itu, ada tiga nama yang selama ini santer disebut-sebut sebagai bacapres yang memang sudah diusung sejumlah partai politik atau koalisi.

Hasilnya, nama Ganjar Pranowo berhasil berada di posisi teratas. Dia mengalahkan dua pesaingnya, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Ganjar menempati posisi teratas dengan elektabilitas 40,12 persen, kemudian Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan suara 37,21 persen.

Baca juga : Survei Terbaru: Ganjar Menguat, Prabowo Melemah

Lalu yang terakhir ada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan suara 22,67 persen. Adapun hasil survei itu dirilis pada Rabu (6/9), melalui YouTube channel Ipsos in Indonesia.

Peneliti senior Ipsos Public Affairs, Arif Nurul Imam dalam paparannya menyebut Ganjar telah menyalip Prabowo setelah sempat dikalahkan dalam survei sebelumnya.

Baca juga : Survei LSI: Ganjar Teratas, Prabowo Membuntuti, Anies Anjlok

"Bulan lalu survei kita Ganjar kalah dari Prabowo, dan survei kali ini Ganjar Pranowo rebound. Untuk Anies terjadi penurunan, Ganjar terjadi lompatan signifikan, Prabowo naik namun tipis," kata Arif Nurul Imam.

Survei tersebut dilakukan pada 22-27 Agustus 2023 di 24 Provinsi di Indonesia. Responden survei sebanyak 1.200. Jajak pendapat tersebut dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan aplikasi Ipsos Ifield yang merupakan system computer-asissted personal interviews (CAPI) yang merupakan standar global Ipsos dalam melakukan interview tatap muka.

Baca juga : Survei LSI: Ganjar Rebound Berlanjut, Tetap Teratas Kalahkan Prabowo Dan Anies

Metode survei multistage random sampling. Margin of error survei sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.