Dark/Light Mode

Kebakaran Museum Nasional Cepat Padam, Nadiem Puji Gerak Cepat Polisi & Damkar

Minggu, 17 September 2023 10:56 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengapresiasi gerak cepat Kepolisian dan Pemadam Kebakaran (Damkar) mengatasi kebakaran di Museum Nasional, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu malam (16/9).

"Apresiasi saya yang terbesar, baik itu pada aparat Kepolisian dan tentunya dari aparat pemadam kebakaran yang juga luar biasa cepat hadir dan berhasil mengisolasi api hanya di belakang Gedung A," ujar Nadiem, seperti dikutip Antara, Minggu (17/9).

Menurut Nadiem, potensi api sebenarnya bisa menyebar ke gedung-gedung lain. Namun, penyebaran api berhasil diberhentikan secara strategis dan langsung padam.

Baca juga : Kebakaran Museum Nasional Diduga Berasal Dari Korsleting Bedeng Proyek Renovasi

"Saya sampai (sekitar pukul 23.15 WIB di lokasi) sudah padam apinya," terangnya.

Nadiem juga bersyukur karena tidak ada laporan korban jiwa maupun terluka pada insiden ini. "Yang terpenting alhamdulilah, tidak ada sama sekali dilaporkan ada korban luka maupun jiwa sampai saat ini," ucapnya.

Dia menambahkan, penyelamatan artefak dan benda-benda bersejarah menjadi prioritas utama saat ini. "Prioritas utama kami sekarang adalah menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini," tuturnya.

Baca juga : Museum Nasional Diamuk Si Jago Merah, 13 Mobil Pemadam Dan 52 Petugas Dikerahkan

Nadiem menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi untuk membuat tim gabungan antara tim museum dan pakar-pakar museum yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian serta aparat pemadam kebakaran untuk memastikan pencatatan kerusakan benda-benda bersejarah tersebut.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan, korsleting listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi Museum Nasional menjadi pemicu kebakaran, tepatnya di Gedung Blok A yang menjadi ruang pameran koleksi museum.

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Asril.

Baca juga : Lima Tokoh Nasional Sebut Ganjar Membawa Energi Besar Untuk Kemajuan Indonesia

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin menyatakan, petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi dengan cepat.

"Kebakaran terjadi di empat ruangan di Gedung A Museum Nasional. Pada pukul 22.00 WIB api sudah dinyatakan padam," kata Komarudin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.