Dark/Light Mode

KSP Perluas Penerima Reforma Agraria Untuk Kesejahteraan Warga Bali

Selasa, 19 September 2023 15:42 WIB
Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Syska Hutagalung bersama masyarakat penerima Reforma Agraria di Desa Sumberklampok, Bali.
Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Syska Hutagalung bersama masyarakat penerima Reforma Agraria di Desa Sumberklampok, Bali.

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Syska Hutagalung mengapresiasi dukungan para Kementerian dalam memberikan 21 Program Pemberdayaan Lintas Kementerian bagi masyarakat penerima Reforma Agraria di Desa Sumberklampok, Bali. 

Dalam program pemberdayaan tersebut, di antaranya 12 kegiatan dari KKP, empat kegiatan dari Kemenkop UKM, empat kegiatan dari Kementan, satu kegiatan dari Kemendes PDTT dan pemetaan sosial yang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN. 

“Dalam setahun ini program pemberdayaan yang diorkestrasi KSP bersama Kementerian membawa dampak yang baik terhadap masyarakat Sumber kelompok. Bahkan sapi-sapi bantuan dari kementan infonya sudah berhasil beranak,” jelas Syska dalam Rapat Evaluasi Dampak Penyerahan Integrasi Program Pemberdayaan Lintas Kementerian di Bali, Kamis (7/9).

Baca juga : Cek Polusi Udara Jakarta Hari Ini, Apakah Aman Untuk Olahraga Di CFD?

Evaluasi integrasi pemberdayaan lintas kementerian ini dilakukan untuk melihat dampak pemberdayaan yang dirasakan masyarakat pasca diserahkan oleh Presiden melalui 4 Menteri pada 21 Juni 2023 di Buleleng, Bali. 

Melalui evaluasi ini, Syska menyebut ke depannya model integrasi pemberdayaan lintas kementerian diharapkan akan terus berjalan dengan koordinasi oleh Kementerian Koordinator Pereknomian sebagai Ketua Tim Reforma Agraria Nasional.

“Pemberdayaan masyarakat oleh Kementerian ini harus berkelanjutan sehingga manfaat yang dirasakan oleh masyarakat tidak hanya pada periode tertentu saja,” ujar Syska.

Baca juga : Kejagung Tetapkan Tiga Tersangka Baru

Dalam kesempatan sama, Perbekel Desa Sumberklampok, I Wayan Sawitra Yasa menyatakan, bahwa pasca diberikan tanggal 21 Juni 2023, terdapat banyak perkembangan dan manfaat yang dirasakan oleh warga desa. Antara lain, bantuan jagung dari Kementan yang sudah berhasil dipanen dan dijual. 

“Kini warga desa dapat secara mandiri mengusahakan kembali pengadaan benihnya melalui dana desa,” ujar Wayan.

Selain itu, manfaat lain yang juga dirasakan oleh warga desa termasuk bantuan alat masak pengolahan kue mixer dari Kemenkop UKM, bantuan pemberdayaan KKP melalui Pendidikan Vokasi DIII Politeknik KP Jembrana, dan pelatihan pengelolaan BUMDesa yang diberikan Kemendes PDTT.

Baca juga : 2 Kali Pemilu Selamatkan Muka Prabowo, Gerindra Janji Bayar Utang Ke Warga Jabar

Dari hasil observasi, dalam satu tahun ini sebanyak total 21 program bantuan pemberdayaan Lintas Kementerian telah tuntas diberikan dan diterima masyarakat. Di antaranya 12 kegiatan dari KKP, empat kegiatan dari Kemenkop UKM, empat kegiatan dari Kementan, satu kegiatan dari Kemendes PDTT dan pemetaan sosial yang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN. 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.