Dark/Light Mode

Berkontribusi Bagi Kampus, IPDN Beri Tanda Kehormatan Untuk 4 Kepala Daerah

Sabtu, 2 September 2023 13:01 WIB
Foto: IPDN
Foto: IPDN

RM.id  Rakyat Merdeka - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memberi penghargaan kepada empat kepala daerah.

Mereka meraih penghargaan dari lembaga pendidikan tinggi bidang kepamongprajaan tersebut karena dinilai berkontribusi bagi kampus dan berprestasi.

Rektor IPDN Hadi Prabowo mengungkapkan, ada dua jenis penganugerahan yang diberikan IPDN untuk empat kepala daerah.

Yakni, Tanda Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan.

Mereka yang menerima adalah Bupati Kabupaten Sumedang Dony Ahmad Muni, Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana dan Walikota Kotamobagu Tatong Bara.

"Keempat kepala daerah ini mendapatkan tanda kehormatan dari IPDN karena dinilai telah berhasil berprestasi dalam bidang pemerintahan dan berkontribusi terhadap praja, alumni dan kampus IPDN," ujarnya dalam keterangan pers usai memberi penghargaan secara langsung di Aula Zamhir Islamie IPDN kampus Jakarta, kemarin. 

Baca juga : Erick Berkibar Di Bursa Cawapres, Cocok Buat Ganjar, Pas Untuk Prabowo

Hadi mengatakan bahwa dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2022 tentang Statuta IPDN tercantum bahwa IPDN memiliki wewenang untuk memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Penghargaan juga berhak diberikan oleh kampus tersebut dengan penilaian bahwa kepala daerah berkontribusi terhadap perkembangan praja, alumni maupun lembaga IPDN.

"Oleh karena itu, maka IPDN memberikan penghargaan sekaligus menghaturkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh keempat kepala daerah ini kepada IPDN," katanya.

Dia bilang, keempat kepala daerah ini tidak hanya berkontribusi bagi kampus tapi juga dinilai baik dalam memberdayakan lulusan IPDN.

Sehingga, mereka bersemangat dalam memberi pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya Bupati Sumedang.

"Bapak Bupati Sumedang berjasa luar biasa terhadap pengembangan IPDN, terbukti sudah berkontribusi dengan mendayagunakan alumni IPDN pada jabatan strategis di Pemda Sumedang," ucapnya.

Baca juga : Yeo’s Indonesia Ajak Masyarakat Berikan Apresiasi Kemerdekaan untuk Veteran

Kini jumlah alumni IPDN yang mengabdi di Sumedang sebagai pejabat Eselon II sebanyak 15 orang, Eselon III sebanyak 39 orang dan Eselon IV sebanyak 7 orang.

Bupati Sumedang juga selalu melibatkan IPDN dalam penyusunan dokumen Sumedang.

"Nah sekarang IPDN sedang menjalin kerja sama dengan Kabupaten Sumedang dalam pengembangan pelayanan berbasis elektronik," ujar Hadi.

Sedangkan Bupati Kabupaten Deli Serdang yang telah mengabdi selama 10 tahun, berkontribusi dengan mendayagunakan alumni pada jabatan Eselon II sebanyak 13 orang, Eselon III sebanayak 45 orang dan Eselon IV sebanyak 29 orang serta memberikan 200 kasur dan 100 kursi bagi praja IPDN.

Hadi juga mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati Buleleng yang turut serta mendayagunakan alumni IPDN di jabatan Eselon II sebanyak 13 orang, Eselon III sebanyak 17 orang dan Eselon IV sebanyak 1 orang.

Pj. Bupati juga telah memberikan seperangkat gamelan dan 100 buah kasur untuk praja IPDN.

Baca juga : Cegah Dampak Polusi Udara, FishLog Terapkan WFA Permanen Untuk Karyawannya

Penghargaan yang sama juga diberikan kepada Wali Kota Kotamobagu atas kontribusinya dalam mendayagunakan alumni IPDN pada jabatan Eselon II sebanyak 3 orang, Eselon III sebanyak 5 orang dan Eselon IV sebanyak 24 orang.

Wali Kota Kotamobagu telah memberikan 1 unit bus untuk operasional di IPDN kampus Sulawesi Utara.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat yang mendapatkan tanda kehormatan ini. Semoga dengan adanya acara ini dapat memotivasi seluruh alumni IPDN yang lain untuk turut serta memberikan sumbangsih dan kontribusinya bagi almamater IPDN yang tercinta ini," harapnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.