Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KSP Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar Di Kawasan IKN

Selasa, 19 September 2023 15:48 WIB
Deputi II Kepala Staf Kepesidenan, Abetnego Tarigan, pada Rapat Koordinasi dengan Otorita Ibu Kota Nusantara OIKN di Balikpapan, Selasa (19/9.)
Deputi II Kepala Staf Kepesidenan, Abetnego Tarigan, pada Rapat Koordinasi dengan Otorita Ibu Kota Nusantara OIKN di Balikpapan, Selasa (19/9.)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Abetnego Tarigan menegaskan, pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) harus didukung dengan penguatan sumber daya manusia. Peningkatan kualitas pelayanan dasar, seperti kesehatan dan pendidikan pun menjadi penting untuk dilakukan, terutama di kawasan penyangga IKN. 

“Kebutuhan akan layanan dasar tentu akan mengalami peningkatan yang signifikan seiring dengan masuknya penduduk baru ke wilayah IKN dan sekitarnya. Ini harus diimbangi dengan peningkatan kualitas layanan di sektor kesehatan dan pendidikan,” tegas Abetnego pada Rapat Koordinasi dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) di Balikpapan, Selasa (19/9).

Baca juga : BAKTI Kominfo Pamerkan Capaian Satria-1 Di Forum Sewindu PSN

Pada kesehatan, kata Abetnego, peningkatan layanan bisa dilakukan dengan menaikkan status rumah sakit di kawasan penyangga IKN. Ia mencontohkan di wilayah Sepaku dan Samboja. Di mana rumah sakit yang tersedia baru rumah sakit tipe D dan C. 

“Ini harus dinaikkan menjadi tipe A dan B. Tentu upaya ini butuh dukungan anggaran untuk penambahan SDM dan sarana prasarana kesehatan yang mumpuni,” ujarnya. 

Baca juga : Gardu Ganjar Gandeng UMKM Lokal Saat Senam Sehat Di Tangerang

Lebih lanjut, Abetnego menekankan pentingnya investasi di sektor pendidikan di wilayah penyangga IKN. Saat ini, Pemerintah Kalimantan Timur bersama Pemerintah Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara telah berkoordinasi dengan Kemendikbudristek terkait peningkatan kualitas sekolah mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi. 

“Prospek kerja sama Otorita IKN dengan beberapa institusi pendidikan yang ingin berinvestasi di IKN juga sudah ada,” jelasnya. 

Baca juga : Nelayan Ganjar Bikin Warga Makassar Lebih Nyaman Berwisata

Abetnego menilai, upaya pemenuhan layanan dasar harus didukung oleh konektivitas terutama di wilayah mitra IKN. Sehingga pembangunan IKN benar-benar memberikan multiplier effect yang sangat tinggi bagi wilayah penyangga. 

“Kami berharap daya dukung dari wilayah mitra dapat ditingkatkan, agar dapat memaksimalkan dampak yang dihasilkan” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.