Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berdayakan Ibu Rumah Tangga

Relawan Gus-Gus Ganjar Gelar Pelatihan Wirausaha Cafe Dan Bakery Di Jatim

Kamis, 21 September 2023 23:09 WIB
para pendukung Ganjar yang tergabung dalam sukarelawan Gus-Gus Nusantara GGN menggelar pelatihan pengembangan wirausaha cafe dan bakery di Kedai Mubi, Sitarda, Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Kamis (21/9). (Foto: Ist)
para pendukung Ganjar yang tergabung dalam sukarelawan Gus-Gus Nusantara GGN menggelar pelatihan pengembangan wirausaha cafe dan bakery di Kedai Mubi, Sitarda, Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Kamis (21/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan perekonomian daerah dengan memberdayakan masyarakat, para pendukung Ganjar yang tergabung dalam sukarelawan Gus-Gus Nusantara (GGN) menggelar pelatihan pengembangan wirausaha cafe dan bakery.

Kegiatan Gus-Gus Nusantara yang diadakan di Kedai Mubi, Sitarda, Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik itu diikuti tak kurang dari 100 ibu-ibu rumah tangga.

Gus Alwy Hasan selaku Koordinator Wilayah Gus-Gus Nusantara mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mewadahi ibu rumah tangga dalam mengembangkan keterampilan membuat makanan yang biasa disajikan di cafe.

"Tujuannya agar supaya masyarakat, terutama ibu-ibu yang ada di Ujungpangkah ini lebih bisa mengekspresikan bakat mereka dan nanti perekonomian di Ujungpangkah lebih semarak dan lebih bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Ujungpangkah," ujar Gus Alwy di lokasi, Kamis (21/9).

Baca juga : BNPT Gelar Penguatan Kapasitas Dan Kompetensi Aparat Di Jatim

Gus Alwy menambahkan, pihaknya mengharapkan para peserta pelatihan nantinya tidak hanya mendapat keahlian membuat makanan sajian cafe, tetapi juga menumbuhkan jiwa-jiwa wirausaha untuk mengungkit UMKM.

Pasalnya, jiwa kewirausahaan yang tumbuh di masyarakat menjadi penting agar daya ungkit ekonomi kerakyatan di daerah semakin meningkat, sejalan dengan lahirnya para pelaku usaha baru.

"Harapan kami dari GGN nantinya masyarakat lebih bisa mengembangkan perekonomian, UMKM, di masyarakat Ujungpangkah ini. InsyaAllah ke depan nanti Gus-Gus Nusantara ingin mempersembahkan enterpreneur yang mampu berdikari dalam menciptakan ketahanan pangan di Indonesia," kata Gus Alwy.

Lebih lanjut, Gus Alwy menyampaikan kegiatan yang diadakan terinspirasi dari figur Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 yang telah memberikan banyak kemajuan saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode.

Baca juga : Relawan Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Pupuk Organik Di Bogor

Ganjar dinilai sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat dan memahami permasalahan yang ada di masyarakat, terutama masyarakat kecil. Keputusan dan kebijakan yang dibuat Ganjar selama menjabat dianggap selalu solutif dan diterima seluruh kalangan masyarakat.

"Kami terinspirasi dari Bapak Ganjar karena beliau selalu cepat dan tepat dalam menyikapi kebutuhan masyarakat dan beliau dalam menyikapi apa yang dibutuhkan masyarakat pedesaan khususnya sangat cepat. Solusi yang beliau tampilkan selalu diterima oleh masyarakat, terutama masyarakat kecil," ucap Gus Alwy.

Sementara itu, ibu rumah tangga dari Pangkahkulon bernama Elina yang juga ikut pelatihan wirausaha Gus-Gus Nusantara, menyebut kegiatan para pendukung Ganjar Pranowo itu sangat bermanfaat.

Tidak hanya untuk ibu rumah tangga sepertinya saja, Elina mengatakan pelatihan tersebut membuka peluang besar bagi masyarakat untuk memiliki keahlian wirausaha dan membuka usaha.

Baca juga : Relawan Kowarteg Ganjar Gelar Pelatihan Buat Sabun Cair Di Jaktim

"Kegiatannya sangat menyenangkan. Di sini kami diajari membuat roti tentunya yang kita selaku ibu rumah tangga nantinya bisa memberikan sesuatu, salah satunya dengan membuat roti ini," ungkap Elina.

Adapun pelatihan yang diberikan Gus-Gus Nusantara pada kesempatan itu yakni memfasilitasi ibu-ibu dalam membuat resep fudgy brownies dan donat kombinasi.

Dua resep tersebut nantinya dapat dikembangkan oleh para ibu untuk membuat produk olahannya sendiri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.