Dark/Light Mode

Sigap Hadapi Bencana

Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut Di Kalsel

Senin, 18 September 2023 17:15 WIB
Loyalis Ganjar Pranowo ini langsung terjun untuk memberikan pelatihan penanganan dan pencegahan kebakaran lahan gambut sebagai bentuk upaya antisipasi kepada puluhan kaum milenial di Aula KNPI Kalsel, Jalan Lanbung Mangkurat Nomor 2, Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Senin (18/9). (Foto: Ist)
Loyalis Ganjar Pranowo ini langsung terjun untuk memberikan pelatihan penanganan dan pencegahan kebakaran lahan gambut sebagai bentuk upaya antisipasi kepada puluhan kaum milenial di Aula KNPI Kalsel, Jalan Lanbung Mangkurat Nomor 2, Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Senin (18/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Pandawa Ganjar sigap dan tanggap menghadapi musim kemarau yang mengakibatkan kebakaran hutan maupun lahan gambut di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Potensi kebakaran di lahan gambut dapat menjadi semakin besar jika mengalami kerusakan. Gambut yang rusak biasanya diakibatkan oleh pengeringan karena cuaca panas dan musim kemarau.

Karena itu, loyalis Ganjar Pranowo ini langsung terjun untuk memberikan pelatihan penanganan dan pencegahan kebakaran lahan gambut sebagai bentuk upaya antisipasi kepada puluhan kaum milenial di Aula KNPI Kalsel, Jalan Lanbung Mangkurat Nomor 2, Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Senin (18/9).

Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Ganjar Kalimantan Nur Ghina Muslimah mengatakan pada Agustus-September rawan terjadi kebakaran lahan gambut.

Baca juga : Nelayan Ganjar Bikin Warga Makassar Lebih Nyaman Berwisata

Pandawa Ganjar menyasar pemuda milenial dan generasi Z untuk concern terhadap permasalahan lingkungan tersebut.

"Kami melaksanakan kegiatan ini di Kalsel supaya teman-teman generasi milenal sepenuhnya merespons permasalahan itu di Kalsel," katanya.

Menurut Ghina, kebakaran lahan gambut cukup sulit dipadamkan. Diperlukan pemahaman tentang kebakaran lahan. 

Karena itu, pendukung Ganjar Pranowo tersebut menghadirkan dua pemateri dari akademisi dan satgas pemadam kebakaran untuk memberikan edukasi kepada para peserta.

Baca juga : Mak Ganjar Adakan Pelatihan Membuat Bika Ambon Di Kabupaten Deli Serdang

"Kebakaran gambut meskipun apinya dipadamkan, tekstur tanahnya itu masih  mengendap seperti dijelaskan pemateri. Itu menghasilkan asap. Asap muncul setelah api padam. Kebakaran bisa terjadi lagi," ucapnya.

Pelatihan ini sebagai bentuk kepedulian Ganjar Pranowo melalui relawannya terhadap lingkungan khususnya kebakaran lahan gambut.

"Jadi, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pak Ganjar bahwa Pak Ganjar peduli terhadap lingkungan, khususnya mengenai kebakaran lahan gambut," katanya.

Dalam kesempatan itu, Pandawa Ganjar mengajak puluhan milenial yang hadir untuk berpartisipasi mencegah dan menangani bencana tersebut.

Baca juga : Gandeng BNPB, Manajemen Bencana SIL UI Gelar Simulasi Gempa Bumi Dan Kebakaran

"Bagi generasi milenial Kalimantan Selatan, ayo kita cegah dan tangani kebakaran lahan gambut.
Sementara itu, Rijali sebagai pemateri sekaligus satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kalsel juga mengajak masyarakat untuk mengurangi pembakaran sampah yang memicu terjadinya kebakaran.

"Kami harapkan masyarakat mengurangi pembakaran sampah yang bisa memicu terjadinya kebakaran lahan gambut di wilayah ini," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.