Dark/Light Mode

Selalu Beri Kepastian Hukum, Ganjar Bicara Pentingnya Regulasi Pelaku UMKM

Minggu, 24 September 2023 22:34 WIB
Bakal calon presiden Bacapres RI Ganjar Pranowo menghadiri acara forum silaturahmi Banten dengan tema Peluang dan Tantangan Pelaku Usaha di daerah Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Minggu (24/9). (Foto: Ist) 
Bakal calon presiden Bacapres RI Ganjar Pranowo menghadiri acara forum silaturahmi Banten dengan tema Peluang dan Tantangan Pelaku Usaha di daerah Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Minggu (24/9). (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (Bacapres) RI Ganjar Pranowo menghadiri acara forum silaturahmi Banten dengan tema 'Peluang dan Tantangan Pelaku Usaha' di daerah Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Minggu (24/9). 

Dalam acara itu, Ganjar berdiskusi dan menyerap aspirasi dari para pelaku usaha yang meminta agar kedepan bisa dipermudah akses permodalan hingga dibantu dalam mempermudah penjualan. 

"Pak permudah akses modal, marketing, dan bagiamana merka mesti menghadapi market yang berubah sangat cepat dengan masuknya dunia digital," kata Ganjar menceritakan apa yang diinginkan para pengusaha tersebut.

Menurut Ganjar, hal yang penting bagi pengusaha ialah perizinan yang mudah dan kepastian hukum. Sebab, hal itu akan mempermudah mereka dalam berkembang menjalankan usahanya. Ketika menjadi Presiden 2024, Ganjar yang berprinsip 'Tuanku ya Rakyat' ini menyatakan siap untuk melakukan hal itu. 

"Seluruh perizinann itu mudah. Kalau hukumnya pasti ini mudah, penegakannya jalan, mereka akan senang, karena mereka akan menjalankan usahanya dengan nyaman," tegas Ganjar. 

Baca juga : Selalu Libatkan Ulama Untuk Selesaikan Masalah, Ganjar: Pesannya Menyejukkan

Ganjar juga mendorong para pelaku usaha untuk memiliki koperasi untuk menyelesaikan permasalahan perdagangan, seperti masalah suplai bawang, daging hingga cabe. 

Ganjar juga mendorong agar koperasi bekerja sama dengan kelompok tani agar suplai bahan perdagangan tersebut teratasi.  

"Maka yang mesti dilakukan ialah buatlah koperasi. Dengan cara koperasi, maka dia punya unit usaha, pengadaan daging, unit usaha cabe, bawang gitu ya," tegasnya.

Ganjar juga sempat diminta komitmennya untuk membantu UMKM ketika jadi Presiden 2024. Ganjar menyatakan siap. 

Serap 1,32 Juta Pekerja

Baca juga : Melalui Aksi Bersih-Bersih, CCEP Indonesia Ingatkan Pentingnya Pilah Sampah

Saat menjabat gubernur Jawa Tengah, Ganjar telah berhasil mengukir prestasi luar biasa dalam mengangkat perekonomian masyarakat. 

Salah satunya terlihat dari data per tahun 2022 terkait adanya 178.821 UMKM di Jawa Tengah, yang memiliki omset total mencapai Rp 68,48 triliun. Jumlah tenaga kerja UMKM binaan di Jawa Tengah itu sebanyak 1,32 juta orang pada tahun 2022. 

Keberhasilan ini juga tercermin dalam ekspor produk UMKM Jawa Tengah yang tak hanya ke pasar nasional. Namun dapat merambah ke pasar internasional, seperti Singapura, Jepang, dan Eropa. 

Ganjar juga menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku usaha kecil dengan tiga persen per tahun. Program ini diluncurkan dengan menggandeng Bank Jateng. Berkat program ini, Jateng meraih penghargaan sebagai penyalur KUR terbaik tingkat nasional. Selama 2022, Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah mencatat, nilai penyaluran kredit usaha rakyat sebanyak Rp. 65,5 triliun. 

Tak hanya itu, Ganjar juga membangun Hetero Space untuk mewadahi karya anak muda dan pengembangan UMKM di Semarang, Solo dan Banyumas. 

Baca juga : KPK Undang Ary Ginanjar Beri Materi Penguatan Antikorupsi

Hetero Space melibatkan ribuan anggota dengan 3.000 anggota. Jumlah pengunjung tercatat sebanyak 13.000 orang, 500 komunitas lokal, 300 program dan 1.000 event. Kemudian melibatkan 15.000 UMKM, 2.500 startup, 100 perusahaan dan 250 ribu orang telah mendapat keuntungan. 

Prestasi luar biasa dalam membangun ekonomi dan mendorong pertumbuhan UMKM menjadikan Ganjar Pranowo sebagai figur yang dinantikan dalam perjalanan politik sebagai bakal calon presiden yang potensial. 

Prestasi dan dedikasi Ganjar dalam membangun ekonomi inklusif dan berkelanjutan di Jawa Tengah telah menuai banyak apresiasi. Dengan catatan prestasi yang gemilang ini, perhatian publik semakin tertuju pada peran Ganjar dalam pembangunan nasional di masa depan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.