Dark/Light Mode

Selalu Libatkan Ulama Untuk Selesaikan Masalah, Ganjar: Pesannya Menyejukkan

Jumat, 22 September 2023 21:21 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo mengungkapkan pentingnya peran ulama dalam kehidupan sosial, agama, dan pembangunan bangsa.

Ganjar mengaku, selama menjabat gubernur Jawa Tengah dua periode, dia memprioritaskan nasihat dan pertimbangan ulama dalam menyelesaikan berbagai masalah.

"Ulama memberikan petuah, cara yang menyejukkan, yang terkait dengan kemasyarakatan. Kehadiran mereka memberikan ketenangan kepada masyarakat," kata Ganjar seusai bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin, Semampir, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/9/2023).

Ganjar juga menyoroti peran ulama dalam konteks pelaksanaan Undang-Undang Pesantren dan memberikan perhatian kepada para guru ngaji.

Baca juga : Gelar Halaqah, Kiai Dan Ulama Pandeglang Putuskan Dukung Ganjar Presiden 2024

Ganjar berbagi pengalaman pribadinya di Jawa Tengah, di mana penghargaan kepada ulama dan guru agama lainnya telah meningkatkan semangat mereka dalam berkontribusi pada masyarakat.

Ulama, lanjutnya, bisa memberikan masukan, arahan, dan contoh yang menyejukkan untuk menyelesaikan persoalan.

"Dan kita senang umpama pengalaman-pengalaman di Jateng yang sering kita libatkan untuk menyelesaikan beberapa persoalan itu ternyata punya dampak bagus di masyarakat," tutur Ganjar.

Dalam pertemuan dengan pengasuh Ponpes, Ganjar juga membahas masalah yang masih perlu diselesaikan, seperti masalah ekonomi dan penataan kawasan.

Baca juga : Hadirkan Fitur Andalan Transfer Valas, Bank Mandiri Dongkrak Dana Murah

Ganjar menegaskan bahwa pemerintah harus berkolaborasi dengan ulama untuk mengatasi tantangan ini bersama-sama.

"Saya kira pemerintah bisa ikut terlibat, ekonomi, penataan kawasan, sehingga mereka tidak dibiarkan berjalan sendiri, tapi berpartner dengan pemerintah. Ulama dengan umara-nya (pemimpin) bertemu pada kepentingan-kepentingan sosial kemasyarakatan," tandasnya.

Setelah bersilaturahmi ke ponpes, Ganjar Pranowo beserta istrinya, Siti Atikoh berziarah ke makam Syekh KH. Muhammad Utsman Al Ishaqy, Surabaya, Jawa Timur.

Ziarah dipimpin KH. Luqman Hakim selaku pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin.

Baca juga : Indonesia Bakal Masuk Grup Neraka, Erick: Kuncinya Nyali

Dalam ziarah tersebut, Ganjar yang merupakan bakal calon presiden (capres), didoakan agar sukses, sehat dan menang dalam Pilpres 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.