Dark/Light Mode

Bamsoet Apresiasi Peluncuran Buku ”Luhut Binsar Pandjaitan di Mata Kita-kita”

Kamis, 28 September 2023 22:30 WIB
Peluncuran buku Luhut Binsar Pandjaitan di Mata Kita-kita. (Foto: Istimewa)
Peluncuran buku Luhut Binsar Pandjaitan di Mata Kita-kita. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi perjalanan 76 tahun Luhut Binsar Pandjaitan, sekaligus peluncuran buku "Luhut Binsar Pandjaitan di Mata Kita-kita" yang ditulis Peter F Gontha. Buku itu membahas sosok Luhut di mata 79 tokoh. Termasuk dari Presiden Jokowi, yang menilai Luhut adalah sosok yang memiliki kecintaan mendalam dan rela mengabdikan dirinya bagi kemajuan bangsa dan negara.

"Pendapat Pak Jusuf Kalla bahwa Pak Luhut seperti 'kunci Inggris', juga tepat dan tidak berlebihan. Sudah menjadi rahasia umum, apa pun masalah yang dihadapi negeri ini, Pak Luhut merupakan salah satu solusinya,” ujar Bamsoet usai menghadiri perayaan ulang tahun ke-76 Luhut Binsar Pandjaitan, di Jakarta, Kamis (28/9).

Baca juga : Genjot Prestasi Sepakbola, PSSI Luncurkan Lagu ’Bersama Garuda”

Karena itu, lanjut Bamsoet, tidak salah jika Presiden Jokowi mempercayakan berbagai posisi dan penugasan kepada Luhut. Dari mulai masalah di darat seputar transportasi publik, masalah di laut seputar Migas, hingga masalah di udara seputar polusi. “Semua diselesaikan dengan baik oleh beliau," tambah Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, sosok Luhut hampir paripurna. Mengabdikan diri sebagai prajurit, menjadi pengusaha, hingga mengabdikan diri di berbagai pos jabatan publik dari mulai duta besar hingga menteri.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Dukungan FIA Atas Gelaran FIA Region II Rountable di Bali

"Lebih penting lagi, Pak Luhut juga memiliki komitmen dan perhatian tinggi terhadap dunia sosial dan pendidikan untuk melahirkan generasi bangsa yang unggul. Bersama istrinya, Ibu Devi, beliau mendirikan Yayasan Del yang bergerak di sektor pendidikan, teknologi, kesehatan, dan kemanusiaan dengan membangun panti asuhan hingga memberikan program beasiswa tanpa membedakan status maupun golongan," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, Luhut juga cerminan sosok yang tidak melupakan asal usul tanah kelahirannya. Berkat Luhut, pembangunan dan promosi Danau Toba kini semakin mendunia.

Baca juga : Kolega Wartawan Bamsoet Akan Luncurkan Buku Bambang Soesatyo News Maker

"Tidak hanya dari pembangunan fisik melalui berbagai proyek infrastruktur, Pak Luhut juga membangun sumber daya manusia di tanah kelahirannya secara pribadi. Melalui pendirian Politeknik Informatika Del yang kini telah menjadi Institut Teknologi Del di tepi Danau Toba. Tepatnya di Sitoluama, Laguboti, Kabupaten Tobasa. Bertujuan untuk mengoptimalkan sumber daya manusia Indonesia agar menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.