Dark/Light Mode

Astra Gelar Lomba Foto 2023, Masyarakat Diajak Gambarkan Format Bangsa ke Depan

Jumat, 29 September 2023 19:01 WIB
Konferensi pers LFA dan APA 2023, di FISIP UI, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (29/9). (Foto: Istimewa)
Konferensi pers LFA dan APA 2023, di FISIP UI, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (29/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Astra International Tbk kembali menggelar Lomba Foto Astra (LFA) dan Anugerah Pewarta Astra (APA) untuk kategori umum dan wartawan. Pendaftaran dimulai 6 Juni hingga 6 November 2023. LFA ini merupakan ke-15 dan APA tahun ke-9. Tema yang diangkat tahun ini adalah "Semangat untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia". Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menyatakan, Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2023 diharapkan menjadi wadah apresiasi untuk anak-anak bangsa yang telah menyebarluaskan berbagai kontribusi positif yang dilakukan masyarakat sekitar dengan penuh semangat, melalui karya foto ataupun karya tulis.

"Karya-karya tersebut diharapkan dapat menjadi jembatan inspirasi yang berlandaskan harapan untuk seluruh masyarakat dalam memajukan bangsa untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujarnya, dalam konferensi pers LFA dan APA 2023, di Auditorium Mochtar Riady, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (29/9).

Foto-foto yang bisa didaftarkan untuk mengikuti LFA adalah yang menggambarkan tentang semangat, usaha, atau kegiatan masyarakat Indonesia pada saat ini untuk menjaga keberlanjutan masa depan bangsa. Sementara, tulisan-tulisan yang bisa diikutsertakan mengikuti APA adalah yang menceritakan kisah inspiratif tentang usaha dan kegiatan yang dilakukan para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards, tokoh penggerak Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra dalam menjaga kehidupan keberlanjutan dengan berkontribusi untuk memajukan masyarakat sekitarnya.

Baca juga : Relawan Sintawati Gelar Tebus Murah Sembako Buat Masyarakat Pasar Minggu

Astra menyediakan hadiah menarik para pemenang LFA dan APA 2023. Juara 1: 4 Honda CBR250RR. Juara 2: 4 Honda CB150X. Juara 3: 4 Honda Vario 125 CBS-ISS. Juara Harapan: 12 Sony ZV1F Vlogging Camera. Juara Favorit: 60 Headphones Jabra Elite 45H. Hadiah Hiburan Bulanan: 20 Casio G-Shock Smartwatch.

Syarat dan ketentuan untuk mengikuti LFA dan APA adalah: peserta merupakan WNI, karya milik sendiri, dan hasil karya harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan, ataupun pelecehan terhadap SARA. Pendaftaran dilakukan di www.satu-indonesia.com.

"Semangat Astra mendukung kemajuan bangsa untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia," ujar Riza.

Baca juga : Gardu Ganjar Gandeng UMKM Lokal Saat Senam Sehat Di Tangerang

Di tempat yang sama, Dekan FISIP UI Prof Semiarto Aji Purwanto mengajak masyarakat umum termasuk para awak media dan civitas akademika untuk bisa menggambarkan format bangsa Indonesia ke depan lewat narasi dan foto-foto yang dilombakan. Menurutnya event in sesuai dengan yang dilakukan FISIP UI selama ini yang memacu semangat sekarang dan yang akan datang untuk kebaikan serta masa depan Indonesia.

FISIP UI memiliki tujuh departemen dan tujuh disiplin ilmu. Dia menyatakan, lomba foto dan narasi tidak hanya relevan dengan Prodi Komunikasi, tetapi sangat relevan untuk semua prodi.

“Media dan kebiasaan literasi kita berubah sangat cepat. Pilihan-pilihan medianya juga berubah. Foto-foto harus bisa berbicara dan menimbulkan penasaran untuk orang cari tahu. Hal-hal human interest sangat penting bisa di-capture lewat foto,” ucapnya.

Baca juga : DIkomandoi Tamsil Linrung, Masyarakat Diajak Ikuti Jalan Gembira Anies-Muhaimin

Sebagai fakultas yang fokus pada sosial dan politik, pihaknya selalu bicara seperti apa format Indonesia di masa depan. "Bukan hanya masa depan politik, namun juga masa depan sosial masyarakat kita," lanjut dia.

Dengan demikian, masyarakat luas tergerak akan event tersebut, karena tajuk lomba foto dan pewarta berupa narasi yang bisa menggerakkan.

"Di luar kampus dan peserta lomba dapat menggerakkan warga negara. Jadi, tidak berhenti di situ. Mari kita sama-sama bergerak membayangkan, merancang, dan mengerjakan berbagai PR (pekerjaan rumah) memastikan masa depan Indonesia agar tetap cerah," papar Prof Semiarto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.