Dark/Light Mode

HUT RI, PIS Gelar Upacara Di Kapal Abherka-Kibarkan Merah Putih Di Bawah Laut

Kamis, 17 Agustus 2023 22:30 WIB
PT Pertamina International Shipping PIS gelar upacara HUT RI Ke-78 di Kapal Abherka. (Foto: ist)
PT Pertamina International Shipping PIS gelar upacara HUT RI Ke-78 di Kapal Abherka. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina International Shipping (PIS) memperingati hari kemerdekaan RI ke-78 tahun ini dengan menggelar upacara dan pengibaran bendera di tengah laut.

Upacara berlangsung di Kapal Floating Storage and Offloading (FSO) Pertamina Abherka yang berada di perairan Madura, dan pengibaran bendera bawah laut di perairan Sulaa, Baubau.  

“PIS sebagai perusahaan yang bergerak di sektor perkapalan dan logistik maritim, memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan kembali ke laut. Pengibaran bendera di lautan ini merupakan simbolik bentuk dukungan PIS untuk kejayaan maritim Indonesia,” ujar Corporate Secretary PIS Muh. Aryomekka Firdaus, Kamis (17/8).

Upacara di FSO Pertamina Abherka dipimpin langsung oleh CEO PIS Yoki Firnandi, dan diikuti oleh seluruh kru kapal yang tengah bertugas. Kapal FSO Pertamina Abherka adalah FSO pertama yang dimiliki oleh Pertamina Group dan merupakan tulang punggung ketahanan energi nasional.

Baca juga : KBRI Seoul Gelar Upacara Peringatan HUT RI, Dubes Sulis Jadi Inspektur

Momen upacara di FSO Pertamina Abherka menjadi spesial karena kapal ini baru saja kembali beroperasi setelah melalui proses undocking, untuk meningkatkan kapasitas sekaligus mempercantik tampilan kapal. 

FSO Pertamina Abherka milik PIS resmi diperpanjang kontrak oleh PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) sejak 31 Desember 2022 hinga tahun 2031 mendatang. Untuk mendukung dan memastikan segala sarana dan fasilitas berfungsi optimal, FSO Pertamina Abherka mempercantik diri dengan docking dan upgrading.

Proses upgrading dan docking FSO Pertamina Abherka ini merupakan wujud komitmen PIS dalam pengembangan bisnis offshore di tanah air sekaligus sinergi dengan subholding Pertamina yakni PHE WMO.

“FSO Abherka memiliki peran signifikan dalam distribusi energi di tanah air, proses ini merupakan langkah PIS memastikan keandalannya untuk bisa beroperasi optimal hingga belasan tahun mendatang,” ujar Aryomekka.

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Upacara Kemerdekaan Di Subang

Pemilihan FSO Pertamina Abherka untuk upacara peringatan HUT ke-78 RI juga berdasarkan pertimbangan latar belakang riwayat operasional kapal tersebut yang penting dalam menjaga ketahanan energi nasional.

“Abherka merupakan lambang kegagahan aset Pertamina Group dalam menjaga ketahanan energi nasional dalam menjaga semangat melaju untuk Indonesia maju,” kata Aryomekka. 

Pengibaran Bendera Bawah Laut

Selain melangsungkan upacara HUT RI di FSO Pertamina Abherka, PIS juga memperingati hari bersejarah ini dengan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut. Tepatnya di perairan Sulaa, Baubau, dengan kedalaman sekitar 6 meter.

Lokasi pengibaran bendera ini berada di dekat Fuel Terminal Baubau yang dikelola oleh anak usaha PIS, yakni PT Pertamina Energy Terminal (PET). 

Baca juga : HUT ke-78 RI, Haedar Ajak Syukuri Kemerdekaan dengan Bangun Jiwa Raga Bangsa

“Pengibaran bendera juga disertai dengan kegiatan penanaman terumbu karang di perairan tersebut. Ini menunjukkan komitmen PIS dalam ketahanan energi sekaligus dukungan untuk menjaga ekosistem lautan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs),” jelas Aryomekka.

Kegiatan pengibaran bendera dan penanaman terumbu karang di Baubau dilakukan oleh Direktur Armada PIS Muhammad Irfan Zainul Fikri, yang didampingi oleh klub penyelam Seahorse Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML), perwira PET, dan perwira PT Pertamina Trans Kontinental (PTK).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.