Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Relawan Tuan Guru Ganjar Sumut Ajak Warga Asahan Jaga Kesehatan Dengan Berwudhu

Sabtu, 30 September 2023 06:04 WIB
Relawan Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut menggelar sosialisasi ‘Terapi dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Jasmani’ di Majelis Taklim Nurul Yakin, Desa Sei Kapayang Tengah, Kecamatan Sei Kapayang, Kabupaten Asahan, Sumut, Jumat (29/9). (Foto: Ist)
Relawan Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut menggelar sosialisasi ‘Terapi dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Jasmani’ di Majelis Taklim Nurul Yakin, Desa Sei Kapayang Tengah, Kecamatan Sei Kapayang, Kabupaten Asahan, Sumut, Jumat (29/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumatera Utara (Sumut) mengajak warga di Kabupaten Asahan, Sumut untuk senantiasa menjaga kesehatannya dengan berwudhu.

Hal itu disampaikan Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut dalam sosialisasi ‘Terapi dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Jasmani’ di Majelis Taklim Nurul Yakin, Desa Sei Kapayang Tengah, Kecamatan Sei Kapayang, Kabupaten Asahan, Sumut, Jumat (29/9). 

“Selama ini mungkin melaksanakan wudhu tapi belum tahu manfaat di baliknya. Dengan adanya pembahasan dan materi yang disampaikan, mudah-mudahan menambah semangat dan motivasi menjaga kesehatan,” kata Koordinator Wilayah Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut, Zulfi Andika.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Gelar Doa Bersama Refleksi 5 Tahun Bencana Pasigala

Dalam sosialisasi itu Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut menerangkan bahwa dampak positif terhadap kesehatan jasmani akan dirasakan ketika berwudhu.

Zulfi mengatakan, kontak antara air, proses membasuh, dan permukaan yang dibasuh menjadi sarana terapi kesehatan menggunakan media air atau biasa disebut hidroterapi. 

Sehingga air wudhu yang membasahi kulit wajah, kulit tangan dan kaki, serta kuku tidak hanya membersihkan dari kotoran, tetapi berpotensi untuk hidroterapi dan menjaga kesehatan. 

Baca juga : Relawan Ustaz Sahabat Ganjar Ajak Masyarakat Kabupaten Asahan Puasa Senin-Kamis 

“Wudhu ini ada manfaat hidroterapi yang sangat banyak kalau kita lihat. Yang paling umum kita bisa melancarkan peredaran darah, juga menghindari kerutan-kerutan dan bisa menjaga konsentrasi dan fokus,” kata Zulfi.

Zulfi mengatakan, materi ini memberikan wawasan positif agar warga di Kabupaten Asahan semakin semangat menjaga kesehatannya melalui cara-cara yang penuh keberkahan, seperti berwudhu.

Sementara Ustadz Nazarudin Siahaan selaku pemateri acara menyebut hidroterapi adalah terapi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi umat Muslim bisa mendapatkannya secara alami lewat berwudhu.

Baca juga : Relawan Pena Mas Ganjar Gelar Turnamen Futsal Mahasiswa Katolik Se-Jawa Tengah

“Ini manfaatnya bagi kita sangat baik untuk kesehatan tubuh. Boleh dibilang ini adalah hidroterapi yang sangat baik bagi kita, apalagi bagi kesehatan badan dan tubuh. Sehingga dengan berwudhu kita secara tidak langsung juga menjaga kesehatan badan,” tuturnya.

Ustadz Nazarudin berharap kegiatan ini memotivasi masyarakat untuk senantiasa berwudhu. “Mudah-mudahan kita semua dan dari pengajian ini bisa memperbanyak dan lebih sering berwudhu, baik di rumah maupun luar rumah,” pungkasnya.

Selain memberikan edukasi tentang manfaat hidroterapi ketika berwudhu, Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut juga memberikan bantuan kepada Majelis Taklim Nurul Yakin berupa kipas angin dan tikar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.