Dark/Light Mode

Peluang Wirausaha di Industri Digital, Jelajahi Era Baru Bisnis di Kabupaten Majene

Jumat, 6 Oktober 2023 14:19 WIB
Acara Roadshow 1000 Startup Digital di Universitas Sulawesi Barat yang digelar Kemenkominfo. (Foto: Istimewa)
Acara Roadshow 1000 Startup Digital di Universitas Sulawesi Barat yang digelar Kemenkominfo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kewirausahaan digital menjadi pilar utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi di berbagai negara di seluruh dunia.

Era digital membuka pintu luas bagi kewirausahaan di berbagai industri. Mereka yang berani untuk berinovasi, akan memiliki banyak peluang untuk sukses di industri digital yang terus berkembang.

“Di era digital ini, Program 1000 Startup Digital menjadi suatu gerakan komunitas yang mendukung dalam pengembangan organisasi lokal yang bergerak di bidang industri digital," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulawesi Barat, Mustari Mula, pada acara Roadshow 1000 Startup Digital di Universitas Sulawesi Barat.

Baca juga : Andre Husada Cerikan Kisah Jelajah Dunia Bisnis lewat Startup Safari

Mustari mengatakan, program ini membawa perubahan bagi teman-teman untuk melakukan pergerakan demokrasi dan menganalisis peluang besar di dunia industri digital.

"Program 1000 Startup Digital menjadi program utama komunitas yang mendukung peningkatan kapasitas dan kapabilitas wirausahawan digital di provinsi Sulawesi Barat," ujar Mustari dalam keterangan dikutip, Jumat (6/10).

Lebih lanjut Mustari mengatakan, program ini sangat berguna dalam mendukung kapasitas organisasi dan pemasaran untuk mengasah kemampuan wirausahawan digital dalam mengelola organisasi startup dan memasarkan produk atau layanan mereka.

Baca juga : 20 Pebulutangkis Indonesia Siap Buru Medali Asian Games

Sementara itu, Perwakilan Rektor Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR), Muhammad Nasir Badu, mengatakan bahwa, program 1000 Startup Digital menjadi gerakan utama untuk membawa perubahan kepada berbagai kalangan masyarakat di Sulawesi Barat.

Khususnya bagi kalangan mahasiswa, karena saat ini pemahaman mahasiswa tentang kewirausahawan masih sangat minim.

“Sekarang universitas mewajibkan semua mahasiswa baru untuk mengambil mata kuliah Kewirausahawan, ini bertujuan untuk membuka pola pikirnya untuk menjadi wirausahawan yang dapat menciptakan lapangan kerja bagi semua orang,” ujar Nasir.

Baca juga : Berbagi Kebahagiaan, Relawan Asandra Gelar Kegiatan Sosial Di Kabupaten Malang

Selain mewajibkan pengambilan mata kuliah kewirausahaan, lanjut Nasir, UNSULBAR melakukan upaya lain untuk mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa yaitu dengan menyediakan berbagai fasilitas dan program untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan ide bisnis mereka.

“Dengan adanya kebijakan tersebut, mahasiswa punya berbagai opsi lain dengan bekerja di bidang industri digital, karena biasanya mereka berpikir kalau sudah lulus cuma mau jadi PNS aja,” ucap Nasir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.