Dark/Light Mode

Hadiri Acara Relawan, Kaesang Tak Disapa Jokowi

Minggu, 8 Oktober 2023 08:58 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (Foto: Ist)
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Libur awal pekan (7/10/2023), Presiden Jokowi hadir dalam dua acara relawan yang berbeda. Paginya, ke acara Relawan Alap-alap Jokowi di Sentul, Bogor. Sorenya, hadir di acara Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) di Istora Senayan, Jakarta.

Dalam dua acara itu, Ketua Umum PSI yang juga putra bungsunya, Kaesang Pangarep ikut hadir, tapi Jokowi sama sekali tak menyebut-nyebut Kaesang dalam sambutannya, padahal elite PSI lain yang hadir, ikut disapanya.

Acara Relawan Alap-alap Jokowi digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. Acara yang melibatkan 16 ribu orang itu, bertemakan Konsolidasi Nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi.

Selain melibatkan relawan yang berasal dari 90 kabupaten/kota, acara itu juga dihadiri oleh Kaesang. Mengenakan jaket PSI berwarna merah, Kaesang tiba di lokasi pukul 09.15 WIB ditemani istrinya, Erina Gudono.

Kehadiran Kaesang disambut gembira para relawan Jokowi. Dengan sabar, Kaesang menyapa para relawan dan meladeni saat diajak berswafoto. Dalam kesempatan itu, hadir pula Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, dan Dewan Pembina PSI Giring Ganesha.

Setengah jam kemudian, Jokowi tiba di lokasi.  Jokowi tiba mengenakan pakaian favoritnya: kemeja lengan panjang berwarna putih dipadukan celana panjang hitam.

Baca juga : Ditanya Wartawan Soal Dugaan Pemerasan KPK Terhadap SYL, Jokowi Jawab Begini

Sontak, kehadiran Presiden dua periode ini disambut gemuruh pada relawan yang telah menunggu sejak pagi. "Jokowi, Jokowi, Jokowi," riuh para relawan. Sementara Jokowi sibuk menyapa para relawan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meladeni ajakan salaman relawannya.

Puncak acara itu adalah mendengarkan pidato politik dari Jokowi. Mulanya, Jokowi menyapa Ketua Umum Jaringan Relawan Alap-alap Jokowi, Muhammad Isnaini beserta jajarannya. Dilanjutkan dengan menyapa tamu-tamu yang hadir.

Entah disengaja atau tidak, Jokowi hanya menyapa mantan Ketua Umum PSI Giring Ganesha, bukan Kaesang.

"Hadir di sini juga Mas Giring. Bapak ibu sekalian yang saya hormati," ucap Jokowi.

Padahal, saat ini Giring sudah menjadi anggota Dewan Pembina PSI. Kursi kosong yang ditinggal eks vokalis Band Nidji itu telah ditempati Kaesang.

Sore harinya, Jokowi bergegas ke Istora Senayan, Jakarta. Ia menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Samawi.

Baca juga : JK Mesra Dengan Puan, Airlangga Tak Mau Pindah Ke Lain Hati

Saat hadir Rapimnas Samawi ini, penampilan Jokowi sudah berubah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu hadir mengenakan baju koko berwarna putih dengan peci hitam. Maklum, relawan yang hadir di acara tersebut  rata-rata seorang kiai, ulama, gus, tuan guru. Penyambutannya pun dengan lantunan Salawat.

Kehadiran Jokowi bagaikan magnet tersendiri. Ribuan pasang mata tertuju padanya. Tidak sedikit para relawan yang menunggu untuk dapat berjabat tangan dengan Jokowi.

Ia sempat berkeliling di sekitar panggung, tribun penonton, dan menyempatkan diri berswafoto dengan peserta Rapimnas. Usai menyalami relawan, Kepala Negara menuju tempat duduk yang sudah disediakan. Seperti halnya di Sentul, Kaesang dan kader PSI juga hadir.

Dari dua agenda yang dihadiri, pesan Jokowi tetap sama. Ia meminta kepada relawannya agar tidak salah memilih pemimpin. Sebab menurutnya, tak banyak calon pemimpin yang tahu cara mengelola negara sebesar Indonesia.

"Hati-hati memilih pemimpin. Kadang-kadang orang yang nggak ngerti lapangan tuh kelihatan memudahkan. Bayangkan harus menyiapkan infrastruktur di 17 ribu pulau yang kita miliki, nggak ada negara yang memiliki pulau sebanyak kita," pesannya.

Balik soal Kaesang dicuekin Jokowi. Akhirnya, wartawan berhasil mengonfirmasi kejadian tersebut. Jokowi mengaku, tak mengetahui kehadiran Kaesang. "Nggak, saya nggak ketemu," katanya di Istora Senayan, Jakarta.

Baca juga : Hari Ini Ketemu Puan, Kaesang Segesit Jokowi

Saat ditegaskan kembali, Jokowi mengaku tidak bertemu Kaesang di acara tersebut. "Nggak. Nggak sempet ketemu," jawab Jokowi, singkat.

Apa tanggapan Kaesang? Eks pengusaha pisang goreng itu tak ngambek setelah dirinya dicuekin Jokowi. Kaesang mengatakan jika dirinya dan Jokowi memang tidak bertemu di acara tersebut. "Lho kan nggak ketemu. Nggak lihat, nggak lihat," cetusnya.

Kaesang mengatakan saat Jokowi tiba di lokasi, dirinya sudah meninggalkan acara. Sebab, kata Kaesang, dirinya dan Jokowi berbeda jadwal hadir, sehingga tidak bertemu. "Iya (Kaesang pergi, Jokowi datang). Beda jadwal," tuturnya.

Ketika ditanya terkait kehadirannya di acara relawan Jokowi itu, Kaesang justru tanya balik. Menurutnya, tidak ada yang salah dengan kehadirannya di relawan Jokowi. "Emang ndak boleh (datang ke acara relawan Jokowi?)" tanya Kaesang.

Kaesang pun mengatakan jika PSI terbuka untuk semua pihak termasuk relawan Jokowi. "Ya kita terbuka, alhamdulillah," pungkas pendiri kuliner Sang Pisang itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.