Dark/Light Mode

Hari Ini Ketemu Puan, Kaesang Segesit Jokowi

Kamis, 5 Oktober 2023 08:46 WIB
Ketua DPP Puan Maharani dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (Foto: Istimewa)
Ketua DPP Puan Maharani dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peribahasa buah jatuh tak jauh dari pohonnya, cocok untuk menggambarkan kesamaan gaya Kaesang Pangarep dengan ayahnya, Presiden Jokowi. Kaesang sama gesitnya dengan Jokowi.

Setelah diumumkan sebagai Ketua Umum PSI, Kaesang memang sat set dalam mencari dukungan dan menguatkan partainya. Setelah pekan lalu safari bertemu dengan para relawan Jokowi, hari ini (Kamis, 5/10/2023), Kaesang akan bertemu Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Rencana pertemuan ini dikonfirmasi langsung oleh Puan. "Insya Allah kita akan ketemu (Kaesang)," ucap putri bungsu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini, di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Puan mengaku selalu berusaha untuk membuka diri dan bersedia bersilaturahmi dengan siapa pun. "Salah satu yang ingin saya ajak ngobrol-ngobrol adalah Ketua Umum PSI yang baru, Mas Kaesang," imbuh Ketua DPR ini.

Puan akan bertemu dengan Kaesang di wilayah Menteng, Jakarta Pusat. Rencana dan format pertemuan sudah dibahas para elite PDIP dan PSI.

Untuk topik yang akan dibicarakan, Puan belum mau buka-bukaan. Alasannya, kalau dibuka saat ini, berita pertemuan dirinya dengan Kaesang menjadi kurang seru.

"Nanti supaya ada keseruannya. Kalau saya sudah ketemu, baru nanti nanya itu lagi ya," pungkasnya.

Baca juga : Hari Ini, Mentan SYL Temui Presiden Di Istana, Mengundurkan Diri?

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, pertemuan Kaesang dengan Puan merupakan instruksi langsung dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Mega atas surat yang disampaikan PSI.

"Ketika Ibu Megawati Soekarnoputri pulang dari Malaysia, saya laporkan ada surat dari PSI. Ibu Mega memberikan disposisi bahwa Mas Kaesang akan diterima Mbak Puan. Itu penugasan dari Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Hasto, usai Rapat Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden, di Gedung High End, Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Hasto menjelaskan, pertemuan Puan dan Kaesang dilakukan karena sesama anak muda. Tak hanya itu, hubungan di antara anak presiden itu selayaknya seperti saudara.

"Yang muda bertemu dengan yang muda. Apalagi hubungan antara Mbak Puan dan Mas Kaesang demikian pula dengan Mas Gibran, ini kan seperti kakak-beradik," jelasnya.

Terkait kemungkinan Kaesang bertemu Mega, Hasto menjelaskan, sebenarnya itu sudah sering dilakukan. Sebab, Mega pernah hadir secara khusus di acara pernikahan Kaesang.

"Kalau bertemu kan sering dilakukan. Pertemuan itu kan sesuatu yang baik. Silaturahim, biasa bertemu di istana. Ketika Mas Kaesang menikah, Ibu Mega juga hadir secara khusus," kata Hasto.

Untuk mengatur pertemuan ini, Sekjen PSI Raja Juli Antoni berkomunikasi dengan Wasekjen PDIP Utut Adianto. "Mas Utut juga WhatsApp saya. Beliau yang atur teknis pertemuan. Jam 13.30 WIB di sebuah resto di daerah Menteng," katanya.

Baca juga : Survei ISC: Prabowo Subianto Didukung Sebagian Besar Pemilih Loyal Jokowi-Maruf

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan, pertemuan itu akan dimaksimalkan Kaesang untuk belajar politik dari yang lebih dulu berkecimpung. "Silahturahmi, saran-saran, belajar dari yang lebih senior," ucap Grace.

Kaesang pun sudah siap untuk bertemu Puan. "Kapan pun saya akan siap," kata putra bungsu Jokowi itu, saat blusukan ke Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Rabu (4/10/2023).

Kaesang meminta publik bersabar terkait pembahasan dengan Puan. Ia menyebut komunikasi dengan Puan berjalan sebagaimana mestinya.

"Sabar. Tunggu besok, tunggu lusa, tunggu besoknya lagi, tunggu besok-besoknya lagi. Biasa (WhatsApp), emang nggak boleh?" selorohnya.

Dalam blusukan itu, Kaesang ditemani istrinya, Erina Gudono. Kedatangannya disambut meriah oleh warga.

"Pak Kaesang siapa yang punya, Pak Kaesang siapa yang punya, Pak Kaesang siapa yang punya. Yang punya kita semua," riuh nyanyian dari warga.

Kaesang memasuki wilayah yang dinamakan Kampung Jokowi. Satu per satu, ia menyalami para warga, seperti yang biasa dilakukan Jokowi.

Baca juga : Usut Kasus Korupsi Di Kementan, KPK Tepis Unsur Politis

Anak-anak dengan seragam Pramuka tidak mau kalah beramai-ramai menyambut kedatangan Kaesang. Kaesang lantas mengajak anak-anak itu untuk tos satu per satu. Bahkan ada salah satu siswa yang membawa kertas untuk meminta tanda tangan Kaesang.

Kaesang lantas menandatangani kertas yang dibawa anak itu. Ia menggunakan punggung anak itu untuk menulis. Kaesang juga berjabat tangan dengan anak-anak yang menunggu. Kehadirannya juga membuat ibu-ibu di lokasi berebut untuk selfie.

Kaesang juga memasuki rumah salah satu warga. Di depan rumah itu tampak spanduk bertulisan "Paguyuban Kampung Jokowi Cipinang Melayu". Di rumah itu, ia Salat Ashar. Sementara di luar, banyak warga yang masih menunggu.

Melihat gaya yang seperti ini, warganet merasa Kaesang selincah Jokowi. "Salut sama keputusan Mas Kaesang yang tahu jalan hidup, yang mana yang mau dipilih," tulis akun @sophyregaall.

"Biarkan saja orang berkata apa, yang penting maju terus Mas Kaesang," saran akun @IsmantoJati88.

Akun @Luluivanka1 menyatakan, masyarakat memang butuh banyak anak muda yang terjun ke politik. "Jujur, semenjak Kaesang jadi Ketum, PSI makin seru," timpal akun @diyasprdn.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.