Dark/Light Mode

Langsung Safari Ke Relawan-relawan Jokowi, Kaesang Gaspol

Jumat, 29 September 2023 08:44 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama istri, Erina Gudono, bercengkrama dengan sejumlah murid dari Rumah Belajar Waduk Pluit milik Nenek Dela yang sudah berusia 73 tahun, di Jakarta, Kamis (28/9). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama istri, Erina Gudono, bercengkrama dengan sejumlah murid dari Rumah Belajar Waduk Pluit milik Nenek Dela yang sudah berusia 73 tahun, di Jakarta, Kamis (28/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah didapuk menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep langsung gaspol. Dua hari terakhir, Kaesang safari politik ke relawan-relawan Jokowi, yaitu ke Bara JP dan Arus Bawah Jokowi. Dari dua pertemuan itu, Kaesang meminta dukungan agar PSI lolos ke Senayan.

Kaesang mendatangi Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Arus Bawah Jokowi (ABJ) di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023). Dia datang didampingi sang istri, Erina Gudono. Selain itu, ikut hadir jajaran pengurus PSI seperti Sekjen Raja Juli Antoni dan Anggota Dewan Pembina Isyana Bagoes Oka.

Kedatangan Kaesang disambut pengurus DPP ABJ, termasuk Ketum ABJ Michael F Umbas. Usai bersalaman, Kaesang Cs diajak masuk ke dalam DPP ABJ untuk melakukan komunikasi lebih intens.

Usai pertemuan, Kaesang memberikan keterangan kepada media. Mulanya, dia menyampaikan terima kasih karena sudah disambut baik oleh jajaran relawan ABJ. Ia pun sempat bercanda dengan kecewa karena suguhan pisang goreng panitia bukan merek dagangnya.

“Terima kasih sekali sudah menerima kami dengan terbuka, diajak ngopi, ada pisang goreng juga, tapi pisang gorengnya bukan punya saya, Pak,” kata Kaesang, yang disambut tawa jajaran PSI dan ABJ.

Baca juga : Ini 2 Tawaran Jokowi Ke PWI Saat Buka Kongres Ke XXV Di Istana

Kemudian, Kaesang dipakaikan jaket berwarna putih bertuliskan Arus Bawah Jokowi oleh Michael. Para politisi PSI dan anggota ABJ serentak tepuk tangan. Kaesang tampak tersenyum saat memakai jaket tersebut.

“Ukurannya pas lagi,” kata seorang anggota ABJ. “Karena hatinya sudah sama, Pak,” sahut Kaesang.

Kemudian, Kaesang menyampaikan perasaannya saat mengetahui ABJ sudah lama mendukungnya sebelum masuk PSI. Tepatnya saat Rakernas ABJ pada Juli 2023. Dia mengatakan, saat itu relawan ayahnya sudah mendorongnya agar maju sebagai Wali Kota Depok.

Namun, Kaesang menekankan, kehadirannya saat ini bukan untuk mencari dukungan dari warga Depok saja. Melainkan dari seluruh Indonesia. Dia meminta para relawan membantu PSI di Pemilu 2024 agar bisa melenggang ke Senayan.

Ia pun membuka kesempatan untuk para relawan dan semua pihak yang ingin bergabung dengan PSI. Apalagi, saat ini memang sudah banyak masyarakat yang telah bergabung dengan PSI dan menjadi calon anggota legislatif.

Baca juga : Lestarikan Tradisi, Relawan Ganjar Gelar Lomba Voli Di Kabupaten Pulang Pisau

“Kami terbuka lebar (kepada) siapa pun, asal punya kemauan dan punya semangat yang tinggi untuk membuat Indonesia lebih baik, kenapa tidak,” pungkasnya.

Ketua Umum ABJ Michael F Umbas mengatakan, kedatangan Kaesang ke markas ABJ menunjukkan apresiasi tinggi, sama seperti apresiasi yang diberikan Presiden Jokowi kepada para relawan yang telah dua kali berjuang di dalam Pilpres. Ia menilai sosok Kaesang sangat mirip dengan Jokowi yang berani mengambil risiko.

“Saya berani mengatakan, Mas Kaesang ini Jokowi muda, yang punya tantangan kepemimpinan di era berbeda,” kata Michael.

Michael merasa pertemuan dengan Kaesang membuatnya bernostalgia semasa mendukung Jokowi. Sebab, keduanya memiliki semangat yang sama. Ia pun berharap, Kaesang mampu menghadapi tantangan yang berbeda dengan ayahnya ketika terjun ke politik.

Sehari sebelumnya, Rabu (27/9/2023), Kaesang mengunjungi Markas Besar Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), di Jalan Kayu Putih Utara, Jakarta Timur. Kaesang datang didampingi Erina, Raja Juli, dan Isyana Bagoes Oka. Rombongan Kaesang tiba sekitar pukul 15.10 WIB dan langsung disambut jajaran pengurus Bara JP.

Baca juga : Masuk Pasar Jatinegara, Jokowi: Harga Beras Masih Tinggi

Kaesang nampak mengenakan kemeja biru bercorak dengan gambar kartun minions di sebelah kiri kemeja. Sementara Erina mengenakan kemeja berwarna cokelat muda.

Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai, dari dua kali safari politik ini, membuktikan bahwa Kaesang mengandalkan pendukung ayahnya untuk berpolitik. “Tampaknya Kaesang lebih mengandalkan basis relawan pendukung Jokowi untuk menapaki karier politiknya. Lagi pula, Kaesang masih minim pengalaman di dunia pergerakan sosial dan politik,” jelasnya.

Sementara, pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai, Kaesang ingin membuktikan kesolidan pendukung ayahnya, apakah bisa berdampak positif kepadanya atau tidak. Menurut Adi, selama ini banyak relawan yang mengaku tegak lurus kepada Jokowi. Sehingga, hal itu dijadikan instrumen politik oleh Kaesang untuk mendongkrak suara PSI.

“Ini tentu bagian dari Kaesang menyusun batu politik agar PSI bisa lolos parlemen,” ulasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Jumat (29/9) dengan judul “Langsung Safari Ke Relawan-relawan Jokowi, Kaesang Gaspol”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.