Dark/Light Mode

Silaturahmi Ke Bandung

Ganjar Dijadikan Anak Angkat Solihin GP

Rabu, 4 Oktober 2023 18:59 WIB
Ganjar Pranowo silaturahmi di kediaman Solihin GP di Bandung, Rabu (4/10). Meski diduk di kursi roda, namun badan pria berusia 97 tahun ini nampak masih tegap dan berwibawa. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo silaturahmi di kediaman Solihin GP di Bandung, Rabu (4/10). Meski diduk di kursi roda, namun badan pria berusia 97 tahun ini nampak masih tegap dan berwibawa. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Gubernur Jabar, Letjen TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara atau Solihin GP langsung memberikan hormat ketika Ganjar Pranowo silaturahmi di kediamannya di Bandung, Rabu (4/10). Meski diduk di kursi roda, namun badan pria berusia 97 tahun ini nampak masih tegap dan berwibawa.

Ganjar yang tiba di kediaman Solihin GP juga langsung memberikan hormat. Setelah itu, ia duduk untuk bersalaman dan mencium tangan Solihin GP bersama sang istri.

"Selamat datang pak Ganjar, saya sudah menunggu lama. Ganteng ya," ucap Solihin GP sambil terbata.

"Pak Solihin bagaimana kabarnya? Masih sehat dan bugar sekali," sapa Ganjar dibalas senyum Solihin GP.

Sambutan hangat diberikan Solihin GP bersama istri pada Capres 2024 itu. Selain Solihin dan istri, anak-anak dan saudara juga berkumpul untuk menyambut kedatangan Ganjar.

Baca juga : Silahturahmi Ke Rumah Ceu Popong, Ganjar Pranowo: Saya Dapat Banyak Pencerahan

Ganjar kemudian diajak masuk ke rumah Solihin dan bercengkrama di ruang keluarga. Beragam penganan khas Sunda dijamukan pada Ganjar saat itu.

"Selamat datang pak Ganjar, bapak itu sudah menunggu kedatangan pak Ganjar sejak lama. Beliau selalu tanya, mana itu si Kasep (si ganteng), kok belum main," kata anak Solihin GP, Satria Kamal GP.

Satria mengatakan, meski sudah sepuh, namun semangat Solihin GP untuk mengabdi pada masyarakat sangat tinggi. Sampai saat ini, Solihin GP masih mengurusi berbagai kegiatan berbasis kemasyarakatan dan lingkungan hidup.

"Iya bapak selalu mengajarkan pada kami anak muda untuk selalu mengabdi pada masyarakat. Dan kami anak muda menjadi semangat melihat semangat beliau begitu tinggi," ucap Satria.

Obrolan-obrolan hangat tersaji dalam pertemuan antara Ganjar dan keluarga Solihin GP itu. Di tengah obrolan, anak Solihin GP memberikan kain penutup kepala khas Sunda yang dikenal dengan sebutan Barangbang Semplak.

Baca juga : Plesir Ke Jalan Braga Bandung, Ganjar Makan Nasi Goreng Hingga Temui Pelukis

"Ini beliau ingin memberikan pada bapak. Ini ikat kepala Barangbang Semplak, yang biasa dipakai prajurit untuk berperang. Kalau pakai ikat kepala ini, berarti bapak sudah resmi jadi keluarga kami. Diangkat jadi anak pak Solihin GP," kata Satria.

Satria kemudian memakaikan Barangbang Semplak itu pada Ganjar. Ganjar nampak tambah gagah dengan ikat kepala itu.

"Silahkan foto dengan di sebelah pak Solihin. Antara ayah dan anak," ucap Satria.

Ganjar dengan senang hati berfoto dengan Solihin GP. Solihin GP nampak tersenyum saat berfoto bersama dan menganggukkan kepala.

"Terimakasih atas penyambutannya, sudah dianggap seperti keluarga, dianggap anak sendiri. Kita kan sama pak, saya GP, bapak Solihin GP. Jadi sama-sama ada GP nya," kata Ganjar disambut tepuk tangan Solihin GP dan istri dengan senang.

Baca juga : Datang ke Bandung Barat, Ganjar Disambut Ribuan Buruh

Usai pertemuan, Ganjar mengatakan sengaja bersilaturahmi untuk membayar hutang janji. Sudah lama Ganjar ingin bersilaturahmi menemui Solihin GP dan baru terwujud hari ini.

"Dan saya terbaru ketika beliau mengatakan menunggu saya. Kata beliau, saya tunggu sudah lama. Dan alhamdulillah bisa bertemu, beliau sehat dan di usia 97 tahun semangatnya masih luar biasa dan komunikasinya lancar," ucap Ganjar.

Banyak hal didapat Ganjar dari silaturahmi itu. Ia mengatakan belajar tentang kisah perjuangan Solihin GP yang sangat luar biasa, spirit pantang menyerah, peduli dengan masyarakat dan serius membantu mereka.

"Itu prinsip beliau yang kita anak muda perlu belajar. Bagaimana amanah pada rakyat. Ya saya sangat senang karena dianggap jadi keluarga dan dijadikan anak angkat. Ternyata silaturahmi membawa rejeki, ini contohnya," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.