Dark/Light Mode

Cek 12 Oktober 2023 Hari Apa Dan Apakah Besok Ada Tanggal Merah Atau Libur?

Rabu, 11 Oktober 2023 17:52 WIB
Ilustrasi bullan Oktober. (Foto: Freepik)
Ilustrasi bullan Oktober. (Foto: Freepik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada sejumlah hari penting yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober, yang pada tahun ini jatuh pada hari Kamis atau besok. Tapi apakah besok libur atau tangggal merah? Simak ulasan berikut ini.

Untuk diketahui, ada 3 hari penting yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Dua di antaranya hanya diperingati di Indonesia, yakni Mulai dari Hari Museum Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur.

Satu lagi, diperingati secara global, yakni Hari Radang Sendi Sedunia. Berikut ini rincian selengkapnya:

1. Hari Ulang Tahun (HUT) Jawa Timur

Besok, Provinsi Jawa Timur akan merayakan HUT ke 78. Upacara peringatan Hari Jadi ke-78 ini akan digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis (12/10). Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah menyiapkan 780 undangan upacara untuk masyarakat umum. 

Baca juga : Ketua Komisi X Dukung Wacana 1 Oktober Jadi Hari Duka Sepak Bola Nasional

Ini adalah momen yang tepat untuk merayakan prestasi dan kontribusi Jawa Timur, yang telah menjadi salah satu pilar kemajuan Indonesia.

2. Hari Museum Nasional

Besok adalah hari penting bagi insan permuseuman. Hari Museum Nasional ini ditetapkan dalam Musyawarah Museum se-Indonesia yang diadakan di Malang, Jawa Timur, pada 26-28 Mei 2015 lalu.

Musyawarah itu dihadiri oleh 250 pengelola museum di Indonesia dan menghasilkan beberapa keputusan, termasuk penetapan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum.

Tanggal 12 Oktober ini dipilih untuk menghormati Musyawarah Museum se-Indonesia pertama yang berlangsung di Yogyakarta pada 12-14 Oktober 1962. 

Baca juga : Lawan Vito Di 8 Besar, Jojo: Yang Menang Tetap Indonesia

Saat ini, Indonesia memiliki 439 museum, yang diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum. Museum dianggap sebagai penjaga ilmu pengetahuan dan memainkan peran penting dalam pelestarian budaya dan sejarah.

3. Hari Arthritis Sedunia 

Hari Arthritis atau hari radang sendi sedunia ini dirayakan setiap tahun pada tanggal 12 Oktober. Radang sendi adalah penyakit yang dapat menyebabkan nyeri dan kekakuan, yang cenderung memburuk seiring bertambahnya usia. 

Gejala meliputi nyeri, pembengkakan, keterbatasan gerakan, dan kekakuan. Pengobatan arthritis melibatkan penggunaan obat-obatan, fisioterapi, dan kadang-kadang operasi. 

Meskipun arthritis telah ada sejak berabad-abad lalu, masih belum ada obat yang menyembuhkannya. Kondisi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis tidak memiliki obat yang efektif, meskipun gaya hidup sehat dan olahraga teratur dapat membantu mengurangi gejalanya.

Apakah 12 Oktober Tanggal Merah?

Baca juga : Fajar/Rian Dan The Daddies Langsung Ketemu Finalis Kejuaraan Dunia

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, tidak ada libur nasional ataupun cuti bersama pada bulan Oktober 2023. SKB itu masing-masing ditandai dengan Nomor 1066/2022, Nomor 03/2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023. Itu artinya, besok tidak ada tanggal merah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.