Dark/Light Mode

Ziarah, Tahlil Hingga Doa Warnai Silaturahmi Ganjar Di Ponpes Al-Falak Bogor

Kamis, 12 Oktober 2023 08:38 WIB
Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo mendatangi Pondok Pesantren Al-Falak Pagentongan, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (11/10). (Foto: Ist)
Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo mendatangi Pondok Pesantren Al-Falak Pagentongan, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (11/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo mendatangi Pondok Pesantren Al-Falak Pagentongan, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (11/10/2023) malam.

Kedatangan Ganjar Pranowo langsung disambut lantunan hadro dari para santri Pondok Pesantren Al-Falak. Mereka tampak antusias menyambut mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Saat tiba di Pondok Pesantren Al-Falak, Ganjar langsung berziarah dan bertahlil di hadapan makam Mama Falak didampingi Pimpinan Ponpes Al-Falak, KH Tubagus Agus Fauzan, serta para pengasuh dan ustaz.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Sumut Lanjutkan Rajut Tali Silaturahmi Dengan Ponpes Di Deli Serdang

Ditemui usai mengunjungi Ponpes Al-Falak, Ganjar menyampaikan rasa bahagianya karena mendapat kesempatan untuk mengunjungi ke Ponpes tertua di Bogor ini.

“Jadi ini sejarah pondoknya sudah sangat tua 1800-an di Bogor dan lagi-lagi makin banyak kita bertemu Ponpes yang sudah tua, selalu ada sejarah perjuangan dari Ponpes. Jadi paslah kalo kemudian resolusi jihad itu lahir karena banyak para Kiai punya semangat kebangsaan sangat tinggi ya,” kata Ganjar.

Disebutkan Ganjar, usai bersilahturahmi dan berziarah dengan pimpinan Ponpes Al-Falak dirinya mendapatkan pengetahuan baru perihal sejarah perjuangan para Kiai dan Ulama untuk mendirikan Indonesia.

Baca juga : Kagumi Pola Asuh Nyai Atikoh, Nyai-Ning Di Jabar: Alam Ganjar Pandai Jaga Akhlak

“Tentu saja lebih banyak sekali bisa kita temukan bagaimana para kiai ikut berjuang mendirikan republik ini,” ungkapnya.

Selain itu Ganjar menuturkan Pondok Pesantren selalu mempunyai kesan baginya. Baik itu kesan mengenai mengenai ilmu agama maupun perjuangan untuk selalu mencintai tanah air.

“Maka kalo kita cerita Hubbul wathon minal Iman terlihat betul ketika kita mendapati satu per satu dari cerita sejarah Ponpes yang ada itu mengajarkan pada kita di mana pun kita berada kita mungkin mencintai tanah air,” ujar dia.

Baca juga : Ganjar Disebut Didukung Jokowi

“Dari profesi, dari komunitas dari kelompok apapun yang bisa berkontribusi bersama-sama termasuk dari pondok pesantren,” imbuh Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.