Dark/Light Mode

Optimalisasi Digital Marketing

Relawan Nelayan Pesisir Ganjar Gelar Pelatihan Medsos Untuk Anak Nelayan Jatim

Minggu, 15 Oktober 2023 06:52 WIB
Nelayan Pesisir Jawa Timur mengadakan kegiatan pelatihan media sosial kepada puluhan anak nelayan di Kerjan, Selomukti, Mlandingan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (14/10). (Foto: Ist)
Nelayan Pesisir Jawa Timur mengadakan kegiatan pelatihan media sosial kepada puluhan anak nelayan di Kerjan, Selomukti, Mlandingan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (14/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nelayan Pesisir Jawa Timur mengadakan kegiatan pelatihan media sosial kepada puluhan anak nelayan di Kerjan, Selomukti, Mlandingan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (14/10).

Koordinator Nelayan Pesisir Jawa Timur Abdul Kahar mengatakan latar belakang kegiatan tersebut dilakukan atas dasar minimnya pemuda di daerah Situbondo dalam memanfaatkan median sosial dalam menunjang kebutuhan hidup.

Apalagi media sosial saat ini, bisa dimanfaatkan sebagai sarana personal branding maupun pemasaran produk. Dalam hal ini, Nelayan Pesisir Jawa Timur mengadakan pelatihan tersebut dalam rangka mendukung optimalisasi pemasaran hasil tangkapan bagi para nelayan di Situbondo.

"Hari ini kita adakan Pelatihan Media Sosial Spesialis yang ditujukkan kepada pemuda anak nelayan yang bertujuan agar hasil tangkapan dari para nelayan di Kabupaten Situbondo bisa di ekspansi ke luar dan meningkatkan pendapatan nelayan," buka Abdul.

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Produksi Dodol Khas Serdang Bedagai

Dari pelatihan tersebut, Abdul berharap media sosial bisa dimanfaatkan secara maksimal bahkan hasil tangkapan dari para nelayan bisa di ekspor hingga ke mancanegara.

"Kita ingin pelatihan ini bisa berdampak dan hasil tangkapannya bisa dipasarkan hingga di ekspor," kata Abdul.

Sebab, Abdul menilai bahwa hasil tangkapan nelayan di Situbondo jumlahnya sangat melimpah. Dirinya menyayangkan apabila distribusi hasil tangkapannya hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan sekitaran pasar lokal di Jawa Timur.

"Karena hasil tangkapan nelayan di Situbondo ini jumlahnya cukup melimpah, tetapi minimnya akses informasi dan pemanfaatan media sosial sehingga distribusi hasil tangkapannya masih hanya di sekitaran pasar lokal di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya dan Malang," lanjut Abdul.

Baca juga : Relawan Pena Mas Ganjar Dorong Pembentukan BUMDes Untuk Kerek Pendapatan Desa

Abdul optimis, kegiatan pelatihan media sosial mampu mendorong pertumbuhan ekonomi bagi para nelayan, mencapai ketahanan pangan nasional, sehingga para nelayan sejahtera.

"Kami optimis kegiatan ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sektor perikanan apabila pemanfaatan media sosial tersebut bisa dioptimakan secara maksimal," jawab Abdul.

Senada dengan Abdul, salah satu tokoh pemuda yang merupakan anak dari salah satu nelayan di Situbondo, Febri Ari (23) mengatakan kegiatan tersebut dinilainya cukup positif dalam memberikan literasi sosial media yang saat ini masih minim dimanfaakan oleh para pemuda di Situbondo.

"Kami harap melalui kegiatan ini bisa memberikan edukasi cara memanfaatkan sosial media secara berkelanjutan agar kemajuan teknologi saat ini bisa dimanfaatkan khususnya kepada nelayan dalam memasarkan hasil tangkapan dengan memanfaatkan media sosial," jawab Ari.

Baca juga : Relawan Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Menjahit Di Kabupaten Bandung Barat

Selain itu, Ari berharap melalui kegiatan tersebut para pemuda bisa menangkap informasi secara lebih bijak dalam menangkal isu hoax yang beredar.

"Selain itu, kami juga ingin memanfaatkan media sosial sebagai sarana dalam memperoleh dinamika informasi yang berkembang saat ini, apalagi kan menjelang tahun pemilu yang biasanya muncul bertebaran berbagai macam informasi," lanjut Ari.

Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan edukasi terhadap kami tentang bagaimana menyaring informasi yang benar maupun hoax agar di daerah tidak termakan isu yang tidak benar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.