Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Pena Mas Ganjar Dorong Pembentukan BUMDes Untuk Kerek Pendapatan Desa

Kamis, 12 Oktober 2023 09:26 WIB
Alumni Muda dan Akademisi UNDIP, UNNES dan UNS atau Pena Mas Ganjar memberikan pembekalan dan pendampingan pemanfaatan BUMDes untuk Indonesia maju bersama tokoh masyarakat dan pemerintah desa di Desa Lebo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (11/10). (Foto: Ist)
Alumni Muda dan Akademisi UNDIP, UNNES dan UNS atau Pena Mas Ganjar memberikan pembekalan dan pendampingan pemanfaatan BUMDes untuk Indonesia maju bersama tokoh masyarakat dan pemerintah desa di Desa Lebo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (11/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alumni Muda dan Akademisi UNDIP, UNNES dan UNS atau Pena Mas Ganjar memberikan pembekalan dan pendampingan pemanfaatan BUMDes untuk Indonesia maju bersama tokoh masyarakat dan pemerintah desa di Desa Lebo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (11/10).

Dalam kesempatan tersebut, dihadiri oleh sejumlah narasumber yang turut memberikan informasi dan diskusi seputar tata cara kelola dana desa yang disampaikan oleh Narasumber/Pendamping Desa Lebo dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, Mahendra.

Dalam sosialisasinya Mahendra menyampaikan sejumlah informasi seputar bagaimana proses awal pembentukan BUMDes, dimana ada sejumlah tahapan yang harus dilalui desa sampai dengan jadi badan hukum tentang BUMDes, hingga ke tata cara kelola desa.

Dirinya menilai keberadaan BUMDes memegang peran penting menunjang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa, serta membangun desa yang mandiri secara berkelanjutan.

Baca juga : DPR Harap Pemerintah Antisipasi Dampak Pembuangan Limbah Nuklir Ke Pasifik

"BUMDes ini sangat penting dalam fungsi mengentaskan kemiskinan, pemerintah mengucurkan dana desa untuk dimanfaatkan dalam mengurangi kesenjangan dan membangun desa," ujar Mahendra.

Dengan dibentuknya BUMDes, Mahendra berharap penyuluhan BUMDes bisa meningkatkan pendapatan asli daerah dalam membangun infrastruktur dan kesejahteraan baru seluruh masyarakat daerah tersebut.

"Dengan BUMDes, pemerintah desa bisa berwirausaha untuk mengolah dana desa menjadi keuntungan untuk desa, memanfaatkan masyarakat desa," kata Mahendra.

"Secara manfaat yang dirasakan yakni mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja, kemudian hasil dari BUMDes akan masuk ke penghasilan asli desa (PAD) yang bisa digunakan untuk membangun infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Baca juga : Entaskan Kemiskinan, Ganjar Programkan Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana

Dalam penyuluhan tersebut, kata Mahendra, Desa Lebo sendiri sudah memiliki potensi usaha di wilayah tersebut. Unit usaha yang dihasilkan adalah dengan memproduksi es kristal yang bisa disebarluaskan ke daerah se Kabupaten Batang.

Apalagi saat ini kawasan Batang sudah menjadi sentra industri dimana sejumlah pabrik membutuhan eskristal sebagai pemenuhan produksi maupun konsumsi.

"Desa Lebo ini punya potensi usaha produksi es kristal yang bisa diolah dan dimanfaatkan untuk pengelolaanya. Sebab, kebutuhan sudah ada, tinggal dikembangkan," jawabnya.

Menurut Mahendra, sejauh ini pemerintah sudah terlibat dalam memberikan pendampingan melalui pelatihan BUMDes dalam melakukan pendataan dan sistem ranking bagi daerah yang bisa mengoptimalkan BUMDes.

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Lampung Motivasi Penyandang Disabilitas Dan Keluarga

Mahendra berharap program BUMDes yang sudah digagas di era kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa berlanjut dan semakin berkembang untuk mengetas kemiskinan masyarakat Jawa Tengah.

"Semoga BUMDes bangkit dan desa bisa memfokuskan kegiatannya pada BUMDes agar bisa membangun desa secara mandiri dan berkelanjutan," pungkas Mahendra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.