Dark/Light Mode

Memaknai Sumpah Pemuda, OPSHID Bangun Rumah Gratis Untuk Warga Kurang Mampu

Rabu, 18 Oktober 2023 19:04 WIB
Organisasi pemudq OPSHID membangun rumah gratis untuk warga kurang mampu. (Foto: Istiewa)
Organisasi pemudq OPSHID membangun rumah gratis untuk warga kurang mampu. (Foto: Istiewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sumpah Pemuda menjadi simbol semangat persatuan dan kesatuan dalam berjuang menuju kemerdekaan.

Para pemuda Indonesia saat itu bersatu dalam tekad untuk mencapai tiga tujuan utama, yaitu mengikat persatuan seluruh pemuda Indonesia, menghilangkan perselisihan di antara pemuda, dan menggalang persatuan Indonesia dalam satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Sumpah Pemuda juga mengakui Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan melambangkan semangat nasionalisme. Seiring perjalanannya, setiap 28 Oktober

Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati berbagai kalangan masyarakat mulai dari instansi pemerintah, organisasi pemuda, hingga masyarakat umum.

Baca juga : Peringati Sumpah Pemuda, OPSHID Bangun 66 Rumah Layak Huni Untuk Kaum Dhuafa

Salah satunya Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah (OPSHID). OPSHID, berdiri pada 17 Oktober 2001, berawal dari semangat pemuda yang merupakan bagian dari Thoriqoh Shiddiqiyyah yang berfokus pada pengembangan spiritual dan moral, berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Mereka merasa perlu memiliki wadah perjuangan yang lebih spesifik dan terorganisir. Sehingga bisa menjadi agen perubahan yang berkontribusi pada masyarakat dan bangsa.

Organisasi ini pun berkomitmen untuk menjadi wadah bagi pemuda Thoriqoh Shiddiqiyyah dalam berbagai kegiatan yang mencakup pendidikan, sosial, dan keagamaan.

OPSHID juga bertujuan untuk mengembangkan pemuda yang berkarakter, berintegritas, dan aktif berperan dalam masyarakat.

Baca juga : Relawan Kowarteg Ganjar Gelar Cek Kesehatan Gratis Untuk Warga di Bekasi

Sejak berdirinya, OPSHID telah berkontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan pemuda Indonesia, menjaga semangat persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda, serta terus berkembang dalam berbagai aspek kehidupan.

Salah satu kegiatan atau program positif yang selalu dilakukan OPSHID dalam rangka tasyakuran memperingati hari-hari besar seperti Hari Sumpah Pemuda yakni dengan memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni yang dikenal dengan nama Rumah Syukur Layak Huni Shiddiqiyyah (RSLHS).

Program pembangunan RSLHS ini dikomandoi Ketua Umum OPSHID Maulana Muchammad Subchi Azal Tsani, atau yang akrab disapa Mas Bechi ini merupakan sebuah inisiatif luar biasa yang dilakukan untuk membantu warga yang membutuhkan.

“Program ini bertujuan untuk memberikan rumah yang layak huni kepada mereka yang kurang mampu, mulai dari fakir miskin, dan kaum dhuafa,” kata Mas Bechi, Rabu (18/10).

Baca juga : PAN Bidik 7 Kursi Dewan

Diungkap Mas Bechi, sejak 2008 OPSHID sudah menghadirkan 263 unit rumah gratis yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Di 2023 ini, OPSHID sudah menghadirkan 66 unit rumah gratis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.