Dark/Light Mode

Peringati RTKD

KI Pusat Dorong Pemenuhan Informasi Akurat untuk Pemuda Menuju Indonesia Emas

Jumat, 20 Oktober 2023 20:24 WIB
Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha (kedua kiri) menyerahkan plakat Keterbukaan Informasi Publik ke Stafsus Menpora Bidang Percepatan Inovasi dan Olahraga Hasintya Saraswati dalam peringatan RTKD, di Hotel Pullman Podomoro Jakarta, Jumat (20/10). (Foto: KI Pusat)
Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha (kedua kiri) menyerahkan plakat Keterbukaan Informasi Publik ke Stafsus Menpora Bidang Percepatan Inovasi dan Olahraga Hasintya Saraswati dalam peringatan RTKD, di Hotel Pullman Podomoro Jakarta, Jumat (20/10). (Foto: KI Pusat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Informasi (KI) Pusat mendorong pemuda di seluruh pelosok negeri menuju Indonesia Emas 2045 pada peringatan Hari Hak untuk Tahu se-Dunia (Right to Know Day/RTKD). Peringatan RTKD bertema “Peluang dan Tantangan Pemuda di Era Keterbukaan Informasi Menuju Indonesia Emas” ini diisi dengan Forum Edukasi Nasional yang melibatkan ratusan mahasiswa, di Hotel Pullman Podomoro Jakarta, Jumat (20/10), menjelang Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023.

Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro mengajak semua Pimpinan Badan Publik (BP), khususnya Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID), turut mempersiapkan para pemuda melalui instrumen keterbukaan informasi publik. “Karena informasi yang benar, akurat, dan tidak menyesatkan dari PPID berguna bagi pemuda, dalam mengembangkan kapasitas pribadi dan lingkungan sosialnya, sebagaimana Pasal 28F UUD NRI 1945,” terang Donny.

Dia melanjutkan, para pemuda yang terlahir di era digital harus disokong dengan pemenuhan informasi melalui kanal-kanal digital yang mumpuni. “Pelayanan Informasi Publik harus beradaptasi dan berorientasi pada perkembangan teknologi dan kemajuan digitalisasi. BP bersama seluruh elemen bangsa berkewajiban mempersiapkan pemuda yang berprestasi, maju, unggul, dan berwawasan global untuk untuk Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

Baca juga : Konferensi IKAI Ke-2 Dorong Pertumbuhan Perseroan dan Pengendalian Risiko

Menurut Donny, harapan dan tumpuan bangsa terhadap pemuda muncul karena mereka berperan penting di semua lini, termasuk di pemerintahan. “KI Pusat bersama seluruh stakeholder harus mempersiapkan pemuda melalui regulasi dan kebijakan yang meningkatkan sumber daya pemuda dan daya saing di tingkat global,” ucapnya.

Donny juga menyampaikan pentingnya penetapan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) sebagai hari libur nasional untuk menumbuhkan kesadaran tentang Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia. Penetapan HAKIN secara nasional dapat mengikuti skema peringatan RTKD yang diperingati secara internasional setiap 28 September.

“Secara internasional, setiap tanggal 28 Oktober (diperingati) RTKD, yang inisiasinya di Kota Sofia, Bulgaria. Pola HAKIN dapat mengikuti Hari Lingkungan yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, yang inisiasinya di Kota Stockholm, Swedia,” ucapnya.

Baca juga : Pentingnya Dorong Pemenuhan Hak Difabel Melalui Produk Hukum

Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha menambahkan, Indonesia telah memiliki target capaian menuju Indonesia Emas 2045, bertepatan dengan 100 tahun usia kemerdekaan RI. “Modal utama Indonesia Emas adalah generasi muda sebagai aset berharga bangsa.  Pemuda memiliki tanggung jawab besar dalam mempersiapkan Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera dengan mengawal pemerintahan yang bersih dan transparan,” ucap Arya, di sela giat RTKD yang dihadiri Komisioner KI Pusat Samrotunnajah Ismail, Gede Narayana, Handoko Agung Saputro, Litdok Rospita Vici Paulyn, dan Syawaludin.

Forum edukasi nasional menghadirkan sejumlah narasumber kompeten, yaitu Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin, Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Percepatan Inovasi dan Olahraga Hasintya Saraswati, Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri Agus Dwi Handaya, Kepala BLUD Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha, Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Kadin Indonesia Sarman Simanjorang, dan tokoh pemuda inspiratif Anjas Pramono.

Forum ini juga mengundang KI Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dan PPID seluruh Badan Publik yang bergabung melalui zoom ataupun melalui kanal YouTube official KI Pusat secara live.

Baca juga : Jadi Jubir Pemenangan Ganjar, Bane Raja Manalu: Anak Muda Harus Terlibat Bangun Indonesia

Penanggung jawab RTKD 2023 Samrotunnajah Ismail menambahkan, KI Pusat berharap diskusi publik ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi generasi muda. Peringatan RTKD bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik dalam mewujudkan kemajuan dan kecerdasan bangsa menghadapi era global.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.