Dark/Light Mode

Survei Head to Head Ipsos: Ganjar-Mahfud Unggul Jauh Atas Prabowo-Gibran

Sabtu, 21 Oktober 2023 13:16 WIB
Bacawapres Ganjar Pranowo dan Bacawapres Mahfud MD. (Foto: Ist)
Bacawapres Ganjar Pranowo dan Bacawapres Mahfud MD. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei internasional Ipsos Public Affairs mengungkapkan hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan pada 17-19 Oktober terkait peluang bakal pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.

Dalam simulasi head to head, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD lebih unggul dan dapat menumbangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Ganjar Pranowo-Mahfud MD 48,72 persen dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 41,67 persen,” kata Analis Politik dan Peneliti Senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam dalam rilisnya, Sabtu (21/10/2023).

Baca juga : Survei IPSOS: Duet Prabowo-Erick Lebih Unggul Dibanding Prabowo-Gibran

Sementara dalam simulasi tiga nama yang dilakukan Ipsos, nama Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga bertengger di posisi paling atas dengan raihan 31,98 persen.

Disusul pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebesar 31,32 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di posisi buncit dengan presentase 28,91 persen.

Survei Ipsos dilakukan dengan metode telesurvey terhadap 1.207 responden di 34 provinsi yang diadakan pada tanggal 17 – 19 Oktober 2023 dengan margin of error sebesar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Pengamat: Ganjar-Mahfud Menguat, Anies-Imin Stagnan, Prabowo Galau

Survei dilakukan kepada responden dengan presentase 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan berusia 17 tahun ke atas. Adapun teknik yang digunakan adalah random sampling. 

Sebelumnya diberitakan, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (GAMA) sudah mendaftar ke KPU di hari pertama pendaftaran bakal capres-cawapres pada 19 Oktober 2023 lalu. 

Di sisi lain, bacapres Prabowo Subianto masih belum mengumumkan cawapres pendampingnya. Namun Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka santer diisukan menjadi pendamping Prabowo di Pilpres 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.