Dark/Light Mode

Survei Indikator di Jatim, Ganjar Unggul 10,1 Persen dari Prabowo

Minggu, 1 Oktober 2023 16:07 WIB
Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram Ganjar)
Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas bakal Capres potensial di wilayah Jawa Timur. Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul 10,1 persen dari Prabowo Subianto.

Dalam survei ini, Indikator Politik Indonesia membuat simulasi tiga nama bakal Capres teratas. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menerangkan, Ganjar meraih 43,9 persen, Prabowo Subianto 33,8 persen, dan Anies Baswedan 14,4 persen.

Baca juga : Survei Terbaru Indikator: Erick Thohir Layak Dipilih Ganjar Dan Prabowo

"Sedangkan 8 persen mengaku belum menentukan pilihan di Jawa Timur," kata Burhan, dalam rilis survei yang digelar secara online, Minggu (1/10).

Burhan melanjutkan, dalam kelompok Muslim keseluruhan, terjadi penurunan di suara Ganjar. "Kalau kita breakdown khusus pemilih Muslim (basis 96,6 persen), yang memilih Mas Ganjar sedikit turun dari proporsi provinsi Jatim (42,2 persen). Pemilih Muslim Pak Prabowo sedikit naik (34,7 persen). Sementara pemilih Muslim yang memilih Mas Anies kurang lebih stabil (14,4 persen)," tambahnya.

Baca juga : Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Teratas Kalahkan Prabowo Dan Anies

Dari sisi warga Jawa Timur yang berasal dari pemilih Muslim yang merasa bagian dari Nahdlatul Ulama (NU), yang basisnya sebesar 77,2 persen, elektabilitas Ganjar naik. "Yang memilih Mas Ganjar 42,6 persen, Pak Prabowo 35,8 persen, Mas Anies 14,3 persen," ucap dia. 

Survei ini digelar selama 14-20 September di Jawa Timur. Survei dilakukan pada 1.810 orang, dengan metode penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Margin of error survei plus minus 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Survei Indikator Ungkap Tren Elektabilitas Ganjar Terus Naik, Prabowo Turun

Sampel berasal dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.