Dark/Light Mode

Survei LSI: Head to Head, Prabowo Unggul 11,3 Persen dari Ganjar

Sabtu, 7 Oktober 2023 10:31 WIB
Hasil survei LSI head to head Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo (Foto: Dok. LSI)
Hasil survei LSI head to head Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo (Foto: Dok. LSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei head to head antara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dengan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hasilnya, Prabowo unggul telak dengan perolehan suara sebesar 45,7 persen. Sementara Ganjar memperoleh 34,4 persen.

“Prabowo Subianto 45,7 persen unggul atas Ganjar Pranowo 34,4 persen. Sekitar 19,9 persen belum menunjukkan pilihannya,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (7/10).

Baca juga : Survei LSN: Elektabilitas Prabowo Tembus 40,9 Persen

Menurutnya, per September 2023, Prabowo unggul 11,3 persen. Itu merupakan keunggulan signifikan dibanding survei Agustus lalu yang hanya di kisaran 5 persen.

Djayadi mengungkapkan alasan mengapa Prabowo unggul atas Ganjar jika dihadapkan pada simulasi head to head ini. Sebab, ada pola perpindahan dari tiga nama kandidat menjadi dua kandidat capres, terutama jika memasuki putaran dua. Jika kandidat tinggal Prabowo dan Ganjar, maka mayoritas pemilih Anies Baswedan akan beralih ke Prabowo.

Baca juga : Prabowo Makin Nanjak Ditinggal Muhaimin, Anies Menurun

Survei LSI ini dilakukan pada periode 18-20 September 2023 dengan jumlah responden sebanyak 1.206 orang. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) dengan margin of error mencapai plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.