Dark/Light Mode

Pidato Gibran Di Indonesia Arena Jelang Daftar Capres-cawapres: Janji 6 Program

Rabu, 25 Oktober 2023 12:40 WIB
Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat memamerkan program kerjanya di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, jelang pendaftaran capres-cawapres ke KPU, Rabu (25/10). (Foto: RM/Rizki Syahputra)
Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat memamerkan program kerjanya di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, jelang pendaftaran capres-cawapres ke KPU, Rabu (25/10). (Foto: RM/Rizki Syahputra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka membocorkan sejumlah program kerja yang akan diusung bersama capresnya yakni Prabowo Subianto. 

"Mohon izin Pak Prabowo, saya mohon izin membocorkan beberapa program unggulan," kata Gibran dalam pidatonya di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Rabu (25/10), sebelum ke KPU.

Beberapa program yang dipaparkan Gibran tersebut menyasar milenial, santri hingga lansia. Berikut ini selengkapnya:

1. Dana Abadi Pesantren

Program yang pertama dipaparkan oleh putra sulung Jokowi ini adalah Dana Abadi Pesantren. Gibran mengatakan Dana abadi pesantren ini adalah mandat dari Undang-undang Nomor 18 tahun 2019. 

2. Kredit Start-up Milenial

Baca juga : Sebelum Daftar Capres-Cawapres Bareng Gibran, Prabowo Menghadap SBY

Wali Kota Solo ini juga menjanjikan kredit yang membantu permodalan usaha rintisan kaum milenial. Selain program permodalan yang sudah berjalan seperti KUR, Kredit Mekaar, Wakaf Mikro, hingga kredit Ultra Mikro. 

"Nanti akan kami tambahkan lagi kredit Start-up Milenial. Ini untuk bisnis-bisnis para milenial yang berbasi inovasi dan teknologi," tuturnya.

3. KIS Lansia

Tak cuma menyasar anak muda, Gibran juga menyiapkan program untuk orang lanjut usia (lansia).

"Sekarang sudah ada KIS, Kartu Indonesia Pintar, ada PKH, nanti saya tambahkan lagi, KIS Lansia," janjinya.

4. Kartu Anak Sehat

Baca juga : Pakar HTN Ingatkan Risiko Putusan MK Soal Syarat Capres-Cawapres

Terakhir, Gibran juga melontarkan program untuk anak. Kali ini, ia meminta istrinya yakni Selvi Ananda untuk menenteng tulisan program tersebut untuk dipamerkan ke hadirin.

"Kartu Anak Sehat untuk Pencegahan Stunting," tandasnya.

5. Hilirisasi

Program ini sebenarnya buka hal baru. Karena sudah dimulai oleh presiden Jokowi. Gibran berjanji akan melanjutkan program hilirasi tersebut, tak hanya di sektor pertambangan, tapi juga perikanan dan pertanian.

"Lalu tak lupa hilirisasi untuk komoditas pertambangan perikanan dan pertanian, ini wajib!" tegasnya.

6. Ekonomi Hijau Dan Energi Hijau

Baca juga : Idris Laena: Bukti Golkar Partai Negawaran

Green economy atau ekonomi hijau adalah salah satu agenda besar yang sudah dicanangkan Jokowi. Kakak kandung Kaesang ini berjanji akan melanjutkan program tersebut.

"Ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan. Bapak dan ibu sekalian, saya yakin keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita untuk melompat lebih jauh menuju indoensia emas," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.