Dark/Light Mode

Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, PLN Perkuat Listrik KPU

Rabu, 18 Oktober 2023 07:32 WIB
Petugas PLN mengecek kelistrikan Gedung KPU Pusat. (Foto: Dok. PLN)
Petugas PLN mengecek kelistrikan Gedung KPU Pusat. (Foto: Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Proses pendaftaran Capres dan Cawapres untuk Pilpres 2024 sudah di ambang mata. Untuk itu, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya melakukan perkuatan kelistrikan terhadap gedung KPU Pusat, di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Suplai listrik lima lapis disiapkan PLN untuk memperkuat listrik KPU Pusat.

Untuk pendaftaran Capres dan Cawapres yang dilaksanakan 19 sampai 25 Oktober 2023, PLN menyiapkan 2 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan total daya 600 kilo Volt Ampere (kVA). Sebanyak 70 personel disiagakan untuk mengawal keandalan kelistrikan tahapan ini.

Baca juga : Jelang Piala Dunia U-17, PLN Tinjau Langsung Kesiapan Kelistrikan JIS

Suplai listrik KPU Pusat dilengkapi alat pemindah otomatis, tidak hanya tegangan menengah tapi juga tegangan rendah. Dengan alat pemindah otomatis ini, listrik akan pindah ke suplai cadangan apabila sisi utama mengalami gangguan.

Lasiran, General Manager PLN UID Jakarta Raya, memastikan PLN siap menyukseskan hajatan akbar Indonesia yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan suplai listrik yang cukup dan andal. Ia mengatakan, dalam seluruh tahapan Pemilu sampai 2024, PLN tak hanya memperkuat Gedung KPU Pusat, tetapi ke lokasi-lokasi yang mendukung Pemilu seperti Bawaslu, KPUD, Posko Pemenangan, sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga : Hari Pertama Ditutup 16.00, Hari Terakhir Ditutup 23.59

“Dalam tahapan Pemilu yaitu pendaftaran Capres-Cawapres, PLN bersiaga penuh agar kelistrikan andal di Gedung KPU Pusat melalui perkuatan listrik dan personel standby,” kata Lasiran, dalam keterangan tertulis, Selasa (17/10).

Standard Operational Procedure atau SOP khusus juga disusun dalam setiap siaga keandalan listrik acara besar, termasuk di KPU Pusat untuk pendaftaran Capres Cawapres. Beberapa skenario disiapkan dan diuji coba untuk memastikan keandalan suplai listrik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.