Dark/Light Mode

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik 5 Tahun Beruntun

Rabu, 25 Oktober 2023 17:50 WIB
Pemprov Jawa Timur menerima penghargaan Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) Terbaik Tingkat Provinsi secara nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (24/10/23). Foto: Istimewa
Pemprov Jawa Timur menerima penghargaan Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) Terbaik Tingkat Provinsi secara nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (24/10/23). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menerima penghargaan Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) Terbaik Tingkat Provinsi secara nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI pada Selasa (24/10/23).

Penghargaan yang dipertahankan Pemprov Jatim selama 5 tahun berturut-turut kali ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim Jempin Marbun yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Ruang Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/23).

Kementerian LHK memberikan apresiasi berupa penghargaan ini dikarenakan Provinsi Jatim memenuhi kriteria antara lain adanya dukungan kebijakan / regulasi pengembangan Proklim, konsistensi pembinaan Proklim, alokasi anggaran untuk pengembangan Proklim.

Selain itu, pembangunan jaringan kolaborasi baik dengan OPD, dunia usaha dunia industri, dunia pendidikan, maupun organisasi non pemerintah lainnya.

Provinsi Jatim juga paling banyak kelurahan dan desa yang mendapatkan penghargaan Proklim secara nasional dengan total 200 lokasi di desa/kelurahan. Lebih detailnya, Kategori Lestari sebanyak 5 lokasi di desa/kelurahan, Kategori Trophy Utama sebanyak 7 lokasi di desa/kelurahan, Kategori Sertifikat Proklim Utama sebanyak 114 lokasi di desa/kelurahan, Kategori Sertifikat Proklim Madya sebanyak 48 lokasi di desa/kelurahan dan Kategori Proklim Pratama sebanyak 26 lokasi di desa/kelurahan.

Baca juga : Nana Sudjana: Kerja Keras dan Cerdas, Pemprov Jateng Raih Penghargaan Dukcapil Prima Award

Atas diterimanya penghargaan ini, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa terima kasihnya serta apresiasi kepada seluruh pihak yang berperan aktif mewujudkan proklim di wilayahnya.

"Terima kasih atas seluruh upaya dan kerja kerasnya dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan proklim di wilayah masing-masing," ucapnya.

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah optimistis jika masyarakat Jatim telah berpartisipasi aktif dan ikut langsung untuk mewujudkan proklim maka dampak perubahan iklim dan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) bisa diminimalisir.

Dicontohkannya, setiap individu dapat berkontribusi dengan mengurangi penggunaan kantong plastik, tidak membuang sampah di sembarang tempat, membatasi penggunaan kendaraan bermotor, menggunakan sarana transportasi umum, hemat listrik dan air, serta menanam pohon.

"Meski sangat kecil, gerakan untuk mengurangi dampak perubahan iklim bisa memberikan efek positif untuk masa depan," ujarnya.

Baca juga : Pelindo Apresiasi Terpilihnya Penglipuran Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia

Selain Pemprov Jatim, juga ada 5 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan 3 Pemerintah Kota (Pemkot) dari Jawa Timur yang menerima Penghargaan Pembina Proklim terbaik tingkat kabupaten dan tingkat kota secara nasional.

Antara lain, Pemkot Surabaya sebanyak 11 lokasi, Pemkot Madiun sebanyak 8 lokasi, Pemkot Blitar sebanyak 12 lokasi, Pemkab Blitar sebanyak 6 lokasi, Pemkab Gresik sebanyak 22 lokasi, Pemkab Lamongan sebanyak 8 lokasi, Pemkab Lumajang sebanyak 11 lokasi dan Pemkab Trenggalek sebanyak 14 lokasi.

"Harapannya ke 8 Kabupaten/Kota tersebut bisa menjadi referensi pembinaan proklim di kabupaten/kota lainnya," ungkap Gubernur Khofifah.

Kendati sudah mendapatkan penghargaan, Gubernur Khofifah menekankan pembinaan proklim harus berkelanjutan, diikuti dengan dukungan regulasi pengembangan proklim, konsistensi pembinaan proklim, alokasi anggaran untuk pengembangan proklim dan pembangunan jaringan kolaborasi yang baik.

"Baik antar OPD, dunia usaha/industi, dan lembaga nonpemerintah. Ini penting untuk mewujudkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peduli lingkungan," jelasnya.

Baca juga : Modernland Realty Raih 2 Penghargaan TOP Human Capital Awards 2023

Gubernur Khofifah pun berharap penghargaan ini mampu dipertahankan serta semakin dikembangkan di daerah-daerah.

"Jadikanlah ini semangat bersama. Saya mengajak semua elemen termasuk relawan pencinta lingkungan untuk terus aktif menjaga lingkungan tempat kita tinggal tetap seimbang dan terjaga dari pengrusakan," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.