Dark/Light Mode

Bareng Presiden Jokowi, Syifa Hadju Cs Lepas Bantuan Untuk Gaza

Sabtu, 4 November 2023 20:50 WIB
Sejumlah artis dan tokoh publik menggalang dana untuk bantuan kemanusiaan Gaza via platform Kitabisa, turut melepas pengiriman bantuan kemanusiaan tahap awal yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023). (Foto: Istimewa)
Sejumlah artis dan tokoh publik menggalang dana untuk bantuan kemanusiaan Gaza via platform Kitabisa, turut melepas pengiriman bantuan kemanusiaan tahap awal yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah artis dan tokoh publik yang telah menggalang dana untuk bantuan kemanusiaan Gaza via platform Kitabisa, turut melepas pengiriman bantuan kemanusiaan tahap awal yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023).

Total sebanyak 51,5 ton bantuan kemanusiaan ini terbang bersama bantuan dari pemerintah, lembaga kemanusiaan dan badan usaha lainnya.  

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang dari BAZNAS, dari IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Yang selanjutnya, kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha” ujar Presiden Jokowi.

Bantuan yang dikirim hari ini akan diserahkan kepada Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) untuk dibawa ke perbatasan Mesir dengan Gaza.

Baca juga : Prabowo Dampingi Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan RI Untuk Palestina

Lalu penyerahan bantuan kepada masyarakat di Gaza akan dilakukan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA), lembaga kemanusiaan yang bergerak untuk pengungsi Palestina.  

Tampak hadir sejumlah tokoh publik, seperti Syifa Hadju, Rachel Vennya, Atta Halilintar, Zaskia Adya Mecca, Hanung Bramantyo, Irvan Farhad, Rizky Nazar, Mira Agile dan Vicky Alaydrus yang ikut dalam pelepasan bantuan kemanusiaan ini.

Sebelumnya para tokoh publik ini telah melakukan diskusi dan pemetaan mengenai penyaluran ke Palestina di kantor Kitabisa, Jakarta, Kamis (2/11/2023).  

“Hari ini, aku bersama teman-teman influencers lainnya ikut melepaskan bantuan dari masyarakat Indonesia untuk pertama kalinya bersama Kemenlu untuk saudara-saudara kita yang berada di Gaza, Palestina,” terang Syifa Hadju daĺam keterangannya, Sabtu (4/11/2023). 

Baca juga : Gandeng Baznas, Syafana Islamic School Serahkan Dana Ratusan Juta Untuk Rakyat Palestina

Syifa Hadju berharap semoga donasi ini bermanfaat dan sampai dengan selamat ke tangan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Sementara itu, Kitabisa sebagai platform donasi telah memfasilitasi berbagai galang dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina, termasuk oleh lembaga kemanusiaan, tokoh publik, dan juga badan usaha yang sudah diverifikasi oleh Kitabisa.

Transparansi jumlah donasi yang terkumpul serta laporan penyaluran dapat dilihat secara berkala di halaman ktbs.in/gaza atau akun instagram @kitabisacom.  

CEO Kitabisa Vikra Ijas mengatakan, ini adalah penyaluran pertama hasil donasi di Kitabisa bersama pemerintah.

Baca juga : Partai Garuda: Kasihan Presiden Jokowi, Bersikap Netral Pun Tetap Disalahkan

"Kami terus berkomunikasi intens dengan Kemenlu untuk penyaluran bantuan tahap selanjutnya. Bantuan ini akan terus dilakukan secara bertahap mengingat kondisi di Gaza saat ini,” ujar Vikra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.