Dark/Light Mode

Gandeng Baznas, Syafana Islamic School Serahkan Dana Ratusan Juta Untuk Rakyat Palestina

Kamis, 2 November 2023 12:29 WIB
Deputi I Baznas Bidang Pengumpulan M. Arifin Purwakananta (ketiga dari kiri) saat menerima bantuan secara simbolik dari civitas akademika Secondary Syafana Islamic School di Kantor Baznas, Matraman, Jakarta, Kamis (2/11/2023). (Foto: Istimewa)
Deputi I Baznas Bidang Pengumpulan M. Arifin Purwakananta (ketiga dari kiri) saat menerima bantuan secara simbolik dari civitas akademika Secondary Syafana Islamic School di Kantor Baznas, Matraman, Jakarta, Kamis (2/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerima penyerahan bantuan solidaritas untuk rakyat Palestina dari Secondary Syafana Islamic School di Kantor Baznas, Matraman, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Penyerahan tersebut diserahkan langsung oleh Inayah Siregar, salah seorang murid Syafana kepada Deputi I Baznas Bidang Pengumpulan M. Arifin Purwakananta. Dalam sambutannya, Inayah mengisahkan pengalaman saat mengajak teman-temannya agar menyisihkan sebagian harta mereka untuk rakyat Palestina.

"Kami merancang program yang menggerakkan seluruh siswa, mulai dari jenjang paling rendah seperti toddler atau anak-anak yang berumur 2 tahun hingga jenjang ke yang tertinggi, yaitu SMA," ucap Inayah.

Baca juga : Presiden Jokowi Lantik Sulaiman Sebagai Duta Besar RI Untuk Argentina

Menurut penggerak pengumpulan dana untuk Palestina di Syafana Islamic School itu, banyak peristiwa menarik yang didapatinya saat melakukan penggalangan dana.

Dia bilang, siswa-siswi Syafana sangat peduli terhadap penderitaan rakyat Palestina. Termasuk kepedulian yang juga ditunjukan oleh siswa-siswi Syafana yang masih duduk di bangku pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Jangan kaget kalau melihat hasil donasi kami ada uang recehan. Kemudian ada secarik kertas bergambar Palestina dan bertuliskan Save Palestina. Jadi, ini bentuk kecintaan adik-adik kami kepada rakyat Palestina," tegas Inayah.

Baca juga : Wujudkan Kemerdekaan Untuk Rakyat Palestina

Kata Inayah, tidak gampang mengkampanyekan penderitaan rakyat Palestina kepada siswa-siswi dini.

Namun, karena semangat yang memupuk kebersamaan, pihaknya pun mampu menghimpun dana dari siswa-siswa Syafana senilai Rp 168 juta lebih.

Sementara itu, Deputi I Baznas Bidang Pengumpulan, Arifin Purwakananta bersyukur dengan kemunculan para penggerak-penggerak kebaikan dari kalangan generasi milenial seperti Inayah.

Baca juga : Rumah Zakat Gandeng Adaro, Salurkan 31 Ribu Sembako Untuk Keluarga Pra Sejahtera

"Rasanya saya sering sekali ketemu fundraisir (penggalang dana), tapi kali ini muncul yang muda-muda. Saya berasa kehilangan daya upaya mengkader fundraisir di negeri ini," ucap Arifin.

Arifin menegaskan esensi fundraiser bukan sebagai peminta-minta. Namun, aktivitas yang menggerakkan orang lain untuk berbuat sesuatu yang lebih baik.

"Jadi banggalah menjadi fundraiser yang mengajak saudara-saudara kita untuk menjadi orang-orang baik. Karena negeri ini tidak akan selesai dengan uang-uang yang kita kumpulkan, tapi dengan kegiatan kita untuk mengajak orang lain berbuat baik," ujar Arifin 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.