Dark/Light Mode

Bantu Palestina, BAZNAS Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp 12 Miliar

Senin, 30 Oktober 2023 15:19 WIB
Ketua BAZNAS Noor Achmad mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina yang jumlahnya senilai Rp 12 miliar
Ketua BAZNAS Noor Achmad mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina yang jumlahnya senilai Rp 12 miliar

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina yang jumlahnya senilai Rp 12 miliar.

Bantuan disalurkan secara bertahap. Ketua BAZNAS Noor Achmad mengatakan, untuk tahap pertama pihaknya menyiapkan bantuan senilai Rp 3 miliar.

Bantuan dikirim dalam bentuk paket makanan, bahan bakar dan kebutuhan dasar warga seperti selimut, hygiene kit dan tongkat kruk untuk korban disabilitas.

Baca juga : Hentikan Kebiadaban Israel

"Bantuan bahan bakar sangat diperlukan untuk menghidupkan mesin diesel di rumah sakit serta mesin penyaringan air bersih. Sementara, bantuan makanan dan selimut sangat berguna bagi warga dan para pengungsi," kata Noor Achmad saat konferensi pers di kantor BAZNAS, Matraman, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Kata Achmad, bantuan dikirimkan melalui dua jalur. Jalur Kementerian Luar Negeri dengan nilai Rp 1,5 miliar.

"Jumlah yang sama juga kita kirimkan ke Kedutaan Besar RI di Kairo, Mesir melalui jalur Rafah," tambahnya.

Baca juga : Pengumpulan Melonjak, BAZNAS Optimalkan Layanan Zakat Digital Dengan 4 Pilar

Sedangkan jalur kedua BAZNAS bekerja sama dengan mitra resmi lokal sesuai dengan prinsip 3 Aman: Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI.

"BAZNAS berkomitmen untuk membantu warga Palestina dengan target hingga Rp 12 miliar yang dikumpulkan dari donasi masyarakat Indonesia melalui BAZNAS dan LAZ di seluruh Indonesia," jelas dia.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menambahkan, bantuan tahap awal melalui jalur Kemenlu antara lain 5 ton bahan makanan seperti beras, susu, kornet, sarden, mi instan, dan bahan makanan lainnya.

Baca juga : Sukamta Bela Palestina Di Sidang Parlemen Dunia

“Selain itu, bantuan kebutuhan dasar seperti selimut, sarung tangan, popok, pembalut, dan lain sebagainya, juga kita kirimkan,” sebut Saidah.

Di kesempatan sama, Ketua BAZNAS Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan menyampaikan, pihaknya bekerjasama dengan mitra LAZ dan mitra pengumpulan perorangan di seluruh Indonesia untuk mengumpulkan donasi bagi warga Palestina.

“Kami melakukan kampanye penggalangan dana untuk Palestina melalui berbagai media, online maupun offline,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.