Dark/Light Mode

Segera Dikirim Pekan Ini, Indonesia Utamakan Bantuan Untuk Gaza

Rabu, 1 November 2023 05:24 WIB
Menteti Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto ASEAN)
Menteti Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto ASEAN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu RI) Retno Marsudi kembali menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo mengenai pentingnya bantuan kemanusiaan ke Gaza saat ini.

Pasalnya, situasi di sana terus memburuk setiap harinya, akibat serangan Israel yang tidak menunjukkan tanda berhenti.

Menurut mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Belanda ini, bantuan kemanusiaan untuk masyarakat di Gaza akan diberangkatkan pekan ini.

“Tidak hanya memberikan bantuan kemanusiaan, tetapi juga memastikan bahwa nantinya bantuan itu dapat segera mencapai Gaza,” ujar Retno, saat menghadiri Forum Media ASEAN di Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada Selasa (31/10/2023).

Baca juga : Elon Musk Diancam Zionis Israel, Gara-gara Bantu Internet Starlink Ke Gaza

“Kita sedang cari waktu yang pas untuk pemberangkatan. Semuanya sudah dibahas di rapat kabinet untuk pemberangkatan minggu ini,” sambungnya.

Dia menambahkan, Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza berikutnya dalam waktu dekat.

“Akan ada lanjutan pemberangkatan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui Mesir. Karena pintu yang terbuka sejauh ini hanya pintu Rafah. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Menlu Mesir,” tambah Retno.

Bantuan kemanusiaan Indonesia ini, terang Menlu, akan dikirimkan ke Bandara El Arish di Mesir, yang jaraknya sekitar 40 km dari Perbatasan Rafah.

Baca juga : OSO: Saya Ingin Indonesia Lebih Sejahtera

Saat ini, truk yang mengirim bantuan ke Gaza harus melalui rute yang berbeda, lebih jauh dari biasanya, dan harus melalui pemeriksaan oleh otoritas Israel.

Masih soal bantuan, Retno mengatakan, bantuan kemanusiaan yang dikirimkan ini bukan hanya dari Pemerintah Indonesia. Namun juga dari rakyat Indonesia yang dikumpulkan lewat berbagai organisasi kemanusiaan, seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Baznas, Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) dan lainnya.

Pengiriman bantuan ini juga merupakan mandat langsung dari Presiden Joko Widodo, yang terus menekankan betapa pentingnya bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza saat ini.

Retno menyampaikan, Indonesia bersama negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) terus berupaya agar lebih banyak truk bantuan kemanusiaan yang dapat masuk ke Gaza.

Baca juga : Relawan Sandiaga Uno Se-Indonesia All Out Menangkan Ganjar Pranowo- Mahfud MD

Sejak serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober lalu, yang dibalas Israel, setidaknya 8.306 warga Palestina tewas di Gaza. Sementara lebih dari 1.400 orang tewas di Israel. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.