Dark/Light Mode

Ajang Kolaborasi antar Para Ahli dan Praktisi Berkompeten

Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia Resmi Diluncurkan

Minggu, 5 November 2023 08:18 WIB
Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia atau Association of Carbon Emission Experts Indonesia-ACEXI resmi diperkenalkan kepada publik di Jakarta pada Sabtu, 4 November 2023.
Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia atau Association of Carbon Emission Experts Indonesia-ACEXI resmi diperkenalkan kepada publik di Jakarta pada Sabtu, 4 November 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia (Association of Carbon Emission Experts Indonesia-ACEXI) resmi diperkenalkan kepada publik di Jakarta pada Sabtu, 4 November 2023. Asosiasi ini merupakan wadah kolaborasi para pakar profesional dan praktisi emisi karbon di Indonesia, untuk mewujudkan kemajuan dalam bidang dekarbonisasi.

Ketua Umum ACEXI, Lastyo Kuntoaji Lukito mengatakan, organisasi yang beranggotakan para pakar, akademisi, para profesional serta para praktisi yang bergerak di dalam pengelolaan emisi karbon ini hadir dengan visi yang cukup ambisius dan penuh harapan.

"Visi tersebut ACEXI adalah terwujudnya praktisi-praktisi di bidang Emisi Karbon yang profesional, berkualitas global, produktif, inovatif, mandiri, sejahtera, dan adil, guna membangun daya saing dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri, sehingga dapat ikut serta meningkatkan perekonomian dan pembangunan nasional berkelanjutan, serta tercapainya kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh," ujarnya.

Baca juga : Asosiasi Praktisi Hukum Migas dan Energi Terbarukan Resmi Dibentuk

Melalui organisasi ini, tambah Lastyo, para ahli emisi karbon berharap dapat menciptakan kolaborasi antar sektor swasta, Pemerintah, akademisi dan masyarakat umum dalam upaya mengatasi permasalahan emisi karbon, yang menjadi salah satu isu utama pembangunan berkelanjutan.

Dia pun menjelaskan, tujuan organisasi ini untuk memperkuat peran praktisi sebagai individu yang dapat mengedukasi bisnis dan perekonomian nasional pada umumnya. Diharapkan, melalui peningkatan kualitas praktisi, mereka dapat memajukan dunia usaha dan industri yang ramah emisi karbon dan berkelanjutan di Indonesia.

“Secara langsung maupun tidak langsung, mendukung Pemerintah mencapai strategi dan target-target pengelolaan emisi (gas rumah kaca) dan pengelolaan perubahan iklim secara umum,” papar Lastyo.

Baca juga : Sasar Pasar Premium, Sharp Indonesia Resmi Kenalkan AQUOS XLED 4K TV

Selain itu, lanjutnya, salah satu misi ACEXI adalah mengoptimalkan jejaring dan kemitraan lintas sektor, regional, maupun internasional dalam peraturan ekonomi global. Juga memfasilitasi partisipasi praktisi ahli emisi karbon Indonesia dalam praktek-praktek inventarisasi dan pengelolaan emisi karbon. Termasuk memfasilitasi keikutsertaan dalam kegiatan dan pameran berskala nasional dan internasional.

Tak cuma itu, papar Lastyo, asosiasi ini juga ingin menjadi wadah bagi inovasi dalam teknologi dan metode pengurangan emisi. Karena itu, sangatlah penting misalnya melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi, lembaga-lembaga penelitian dan pemilik teknologi dalam dan luar negeri.

Demi mencapai tujuan tersebut, ACEXI juga fokus pada misi-misi lain. Seperti mengakselerasi pengembangan ekonomi nasional ke semua wilayah dalam mendukung ekonomi regional, yang berdampak positif pada pembangunan regional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.