Dark/Light Mode

Dukung Ganjar-Mahfud, Relawan Buruh Sahabat Ganjar Gelar Ketoprak Tobong

Senin, 6 November 2023 07:42 WIB
Seni pertunjukan Ketoprak Tobong di kawasan Cemplung Kidul Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Minggu (5/11/2023). (Foto: Istimewa)
Seni pertunjukan Ketoprak Tobong di kawasan Cemplung Kidul Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Minggu (5/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Buruh Sahabat Ganjar berkeliling menggelar pentas seni pertunjukan Ketoprak Tobong.

Kali ini, Relawan Buruh menghadirkan seni pertunjukan Ketoprak Tobong di kawasan Cemplung Kidul Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Minggu (5/11/2023) malam.

Pagelaran ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan setelah sebelumnya di Lapangan Panjatan Kulon Progo pada Minggu (15/10/2023) dan di Lapangan Trihanggo Gamping Sleman, Minggu (22/10/2023).

Ribuan warga Bantul dan sekitarnya tumpah ruah memenuhi Lapangan Trihanggo. Mereka datang menyaksikan Ketoprak Tobong gratis tanpa dipungut biaya.

Baca juga : Relawan Pandawa Ganjar Bawa Bantuan Air Bersih Di Gunung Kidul

Acara tersebut turut dihadiri Ketua Umun Relawan Buruh Sahabat Ganjar sekaligus Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Andi Gani Nena Wea dan Sekretaris Jenderal Relawan Buruh Sahabat Ganjar Mustopo.

Andi Gani mengatakan, pertunjukan Ketoprak Tobong ini selain memberikan hiburan juga sebagai ajang silaturahmi ke masyarakat untuk mengenalkan sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Tidak hanya melestarikan budaya lewat Ketoprak Tobong, kami ingin masyarakat juga semakin mengenal pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai pemimpin Indonesia selanjutnya," kata Andi Gani Senin (6/11/2023).

Menurutnya, Ketoprak Tobong ini merupakan kesenian lokal yang masih cukup efektif sebagai sarana hiburan sekaligus edukasi masyarakat.

Baca juga : Relawan Gelar Wisata Religi Dan Ziarah Ke Makam Keramat Priok Dan Empang Bogor

Apalagi, menghadapi tahun politik 2024 ini, berpotensi hadirnya informasi-informasi hoaks yang tak jelas sumbernya.

 "Dari gelaran ketoprak ini kami mengajak masyarakat untuk menghadapi pesta demokrasi dengan riang gembira dan tertib," ujarnya.

Andi Gani memastikan Ganjar-Mahfud sudah siap menghadapi Pilpres 2024.

"Kami sudah sangat siap menghadapi dalam proses demokrasi yang fair dan adil," tegasnya.

Baca juga : Petebu Dukung Ganjar Ajarkan Warga Sinjai Cara Buat Gula Merah Dari Nirah Tebu

Andi Gani juga mengingatkan agar seluruh partai pendukung dan relawan Ganjar-Mahfud merapatkan barisan serta bekerja keras.

"Kami tetap yakin bisa menang satu putaran dengan kerja keras dari seluruhnya," ucapnya.

Sementara itu, Pimpinan Produksi Pentas Ketoprak Tobong Suryo Bawono Widihasto Wasana Putra mengatakan, pementasan ketoprak melibatkan sejumlah seniman terkemuka yakni Marwoto Kawer, Yati Pesek, Dalijo, Yu Beruk, Rini Wudiastuti, Hargi Sundari, Santoso, Mijanto.

Mereka adalah para pemain yang sudah puluhan tahun malang melintang dalam panggung seni pertunjukan ketoprak. Kemudian, lakon Ketoprak Tobong di Bantul kali ini berjudul Pulung Gusur (Skandal Sengkuni).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.