Dark/Light Mode

Dukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Ini Harapan Ulama-Kiai Para Pimpinan Ponpes

Kamis, 2 November 2023 19:01 WIB
Perkumpulan ulama dan kiai di Bogor dan Bekasi yang tergabung dalam Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia menyatakan dukungannya ke pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Mereka pun menyampaikan harapan, salah satunya ihwal perkembangan pesantren. (Foto: Ist)
Perkumpulan ulama dan kiai di Bogor dan Bekasi yang tergabung dalam Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia menyatakan dukungannya ke pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Mereka pun menyampaikan harapan, salah satunya ihwal perkembangan pesantren. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkumpulan ulama dan kiai di Bogor dan Bekasi yang tergabung dalam Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia menyatakan dukungannya ke pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Mereka pun menyampaikan harapan, salah satunya ihwal perkembangan pesantren. 

Harapan itu salah satunya diungkapkan oleh Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Drajat Al-Qosimiyyah, Buya Munawwir Al Qosimi usai menggelar Halaqoh Kebangsaan pada Kamis (2/11/2023).

Dia menyebutkan bahwa Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mampu menangkal radikalisme dan intoleransi di Indonesia. Hal itu dikarenakan Ganjar dan Mahfud terus memegang teguh pedoman dan ajaran para wali, dan juga nilai-nilai Pancasila.

"Pak Ganjar dan Pak Mahfud ini anti dengan intoleran, garis-garis keras dan radikal itu mereka tidak menerima karena memang beliau ini sebagai keluarga besar dari wali, masih memegang kuat pedoman dari para wali di antaranya adalah menjaga negara kita aman dan tidak ada intoleran," ujar Buya Munawwir.

Baca juga : Bentuk TPM Ganjar-Mahfud, TPN Optimis Keruk Suara Milenial

Buya Munawwir menyampaikan harapan lain terkait urusan perizinan pesantren yang lebih dipermudah. Pasalnya, dia menilai perizinan pesantren, terutama dalam perizinan bantuan pendidikan pesantren saat ini masih sulit.

"Harapan saya di antaranya agar pesantren ini dipermudah, mulai dari perizinan, mulai dari bantuan, itu dipermudah karena yang ada sekarang dipersulit. Contohnya PDF atau pendidikan diniyah formal itu sulit," tutur Buya Munawwir.

Adapun dukungan para ulama dan kiai pimpinan ponpes di Bogor dan Bekasi itu kepada pasangan Ganjar-Mahfud dilandasi dengan latar belakang keduanya yang sudah sangat familiar dengan kalangan pesantren.

Atas dasar itu, Buya Munawwir meyakini Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mampu memajukan pondok pesantren, khususnya pesantren-pesantren kecil yang banyak terdapat di daerah terpencil.

Baca juga : AMPI Siap Tempur Di Darat Dan Udara

"Nanti pesantren-pesantren yang diberdayakan itu adalah pesantren yang kecil. Kalau pesantren yang besar itu bisa dapat bantuan dari santri, tapi kalau pesantren kecil ini kalau tidak ada dukungan pemerintah sangat sulit sekali," kata Buya Munawwir.

Serupa, Pimpinan Ponpes As-Salafiyah Bekasi KH Cep Mas'od yang menghadiri Halaqoh Kebangsaan menyebutkan Ganjar-Mahfud adalah pemimpin yang sudah terbukti anti intoleran dan anti radikalisme.

"Menurut saya Pak Ganjar dan Pak Mahfud ini hanya satu-satunya calon yang tidak sowan ke salah satu tokoh yang dianggap intoleran, berarti sudah jelas tegak lurus," ungkap KH Cep Mas'od.

KH Cep Mas'od juga mengharapkan Ganjar dan Mahfud dapat terus berkomitmen untuk mengayomi rakyat, serta membawa kemajuan untuk bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Baca juga : Mahfud: Ingin NKRI Selamat, Pilih Pemimpin Yang Tepat!

"Harapannya mudah-mudahan kalau nanti beliau jadi Presiden, lebih bisa mengayomi rakyat. Istilahnya apa yang sekarang sudah baik, supaya dilanjutkan lebih baik lagi. Dan yang sekarang kurang baik ya diperbaiki," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.