Dark/Light Mode

Relawan Gus Ganjar Genjot Produktivitas UMKM Lumajang Lewat Inovasi Olahan Pisang

Rabu, 8 November 2023 09:24 WIB
workshop bertemakan inovasi dan packaging olahan pisang sebagai komoditas lokal, Selasa (7/11/2023), GGN ingin mengajak masyarakat meningkatkan geliat UMKM guna mendorong pertumbuhan ekonomi warga Desa Randuagung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: Ist)
workshop bertemakan inovasi dan packaging olahan pisang sebagai komoditas lokal, Selasa (7/11/2023), GGN ingin mengajak masyarakat meningkatkan geliat UMKM guna mendorong pertumbuhan ekonomi warga Desa Randuagung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Gus Gus Nusantara (GGN) Dukung Ganjar berupaya meningkatkan produktivitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) warga Lumajang melalui peningkatan inovasi dalam pengolahan pisang. 

Sebab, pisang merupakan salah satu komoditas buah terbesar yang dihasilkan Kabupaten Lumajang. Sehingga daerah tersebut dikenal dengan julukan kota pisang. 

Lewat workshop bertemakan inovasi dan packaging olahan pisang sebagai komoditas lokal pada Selasa (7/11/2023), GGN ingin mengajak masyarakat meningkatkan geliat UMKM guna mendorong pertumbuhan ekonomi warga Desa Randuagung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga : Relawan Go Gibran: Stop Stigmatisasi Capres-Cawapres

"Karena kalau olahan pisang ini hanya dikemas plastik biasa tidak mengikuti tren di pasaran daya jualnya juga melemah. Kalau dalam mengemas olahan pisang ini baik, bisa masuk ke mal-mal. InshaAllah pisang dari Randuagung bisa di ekspor ke luar," ujar Koordinator Wilayah (Korwil) GGN Jatim Muhammad Alwi Hasan. 

Menurut dia, para peserta sangat antusias mengikuti workshop tersebut. Alwi pun mengakui bahwa dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud makin meluas jelang Pemilu 2024.

Hal itu juga diungkapkan oleh salah seorang peserta bernama Ghoni (25). Ghoni menilai, workshop tersebut sangat bermanfaat terutama untuk menambah wawasan kalangan muda sebagai penerus bangsa. 

Baca juga : Relawan Santri Dukung Ganjar Bantu Pembangunan Ruang Belajar Ponpes Miftahul Kahfi

"Sangat bermanfaat karena memang Kabupaten Lumajang kabupaten terbesar penghasil pisang cuma dari masyarakat untuk mengelolanya membungkus menjadi hal yang baru, belum maksimal," kata Ghoni. 

Dalam kesempatan itu, GGN dan para hadirin turut melakukan selawat dan doa bersama untuk keselamatan bangsa. 

Mereka juga mendoakan kemenangan untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024. Dengan semangat yang membara, mereka meneriakkan yel-yel "2024, Ganjar-Mahfud Presidenku" dengan suara lantang. 

Baca juga : Prabowo Kasih BLT, Ganjar Selesaikan Masalah Kemiskinan Lewat Pendidikan

Menanggapi itu, Ghoni mengungkapkan bahwa pasangan Ganjar-Mahfud merupakan pasangan yang ideal dalam memberantas korupsi di Indonesia. 

"Kalau menurut saya pribadi sebagai akar rumput Pak Ganjar dan Pak Mahfud itu pasangan yang komplit sama-sama tegas, anti korupsi. Harapannya dari seluruh masyarakat Randuagung berharap Pak Ganjar Mahfud terpilih jadi presiden RI ke-8," pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.