Dark/Light Mode

Relawan Ganjar Muda Padjajaran Berdayakan Warga Lewat Budi Daya Lele

Selasa, 31 Oktober 2023 13:20 WIB
Relawan Ganjar Muda Padjajaran mengadakan pelatihan cara budi daya ikan tawar seperti ikan lele dan hias bareng warga yang berada di Jalan Karya Bhakti, Kampung Sukerduwur Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. (Foto: ISt)
Relawan Ganjar Muda Padjajaran mengadakan pelatihan cara budi daya ikan tawar seperti ikan lele dan hias bareng warga yang berada di Jalan Karya Bhakti, Kampung Sukerduwur Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. (Foto: ISt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ganjar Muda Padjajaran mengadakan pelatihan cara budi daya ikan tawar seperti ikan lele dan hias bareng warga yang berada di Jalan Karya Bhakti, Kampung Sukerduwur Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Koordinator Wilayah (Korwil) GMP Rendra Wibawa Setiawan mengatakan cara ini sebagai komitmennya untuk memberdayakan warga sekitar agar bisa lebih kreatif dalam melihat peluang bisnis.

Pasalnya, budi daya ikan hias ini sangat potensial karena sangat mudah perawatannya.

Baca juga : Relawan Buruh Sahabat Ganjar Jateng Berikan Lampu Solar Cell di 12 Titik Desa

"Budi daya ikan lele dan hias ini bisa sangat potensial karena bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar yang berkualitas. Budi daya ini juga sangat mudah perawatannya," kata dia dalam siara persnya, Selasa (31/10).

Dia menambahkan banyak para petani di sini beralih membudidayakan ikan air tawar seperti lele dan ikan hias. Mereka melihat selain perawatan mudah, ikan dengan cepat untuk dipanen.

"Ikan lele itu lebih cepat untuk dipanen. Selain itu, ikan ini juga banyak diminati oleh seluruh masyarakat," tuturnya.

Baca juga : Ary Ginanjar Paparkan Penguatan Budaya Kerja BerAKHLAK Di KPPPA

Dalam pelatihan tersebut, loyalis Ganjar Pranowo itu memberikan pemaparan mengenai cara membuat budi daya ikan lele dan hias.

Menurut dia, para peserta menginginkan desa mereka dikenal penghasil ikan, baik lele maupun hias.

"Kegiatan ini sesuai permintaan para warga di sini. Selain pelatihan, kegiatan ini juga mempererat silaturahmi dengan masyarakat sekitar," tuturnya.

Baca juga : Bazar Murah Ganjar-Mahfud Di Indramayu Diserbu Ratusan Warga

Rendra menjelaskan bahwa membudidayakan ikan hias lebih mudah dibandingkan dengan lele jumbo. 

Namun, dia juga mengingatkan agar para warga harus memperhatikan kondisi ikan dan kebersihan kolam. Tujuannya, agar ikan tersebut bisa berkembang dengan baik.

"Budi daya ikan lele dan hias seperti ikan hias komet, melati, merak ghapi dan lainnya lebih cepat menghasilkan jika dibandingkan dengan membudidayakan lele jumbo," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.